Akhir pekan selalu menjadi hari yang berkesan. Karena akhir pekan, semua rutinitas sepekan pun berakhir sudah. Kemudian berganti dengan aktivitas akhir pekan. Nah, akhir pekan yang hanya terdiri dari sehari saja, tentu harus berkesan, bukan? Yah, karena kita tidak ingin akhir pekan malah menjadi membosankan. Atau, akhir pekan malah jadi menyedihkan. Dan berikut tips tetap bahagia akhir pekan ala aku yang ingin ku bagi di sini.

1. Telepon Orang tua lebih  Lama dari biasanya

Sebagai seorang anak yang jauh dari orang tua, akhir pekan mu tidak akan ‘menyedihkan’. Karena engga bisa pulang kampung sekali sepekan, seperti teman-temanmu. Berhubung kampung halaman nan jauah di mato. Maka, manfaatkan waktu akhir pekanmu untuk menghubungi orang tua lebih lama. animasi-bergerak-ponsel-dan-hp-0019Jika waktu serta kondisi memungkinkan, teleponlah orang tuamu kalau bisa, seharian. Sampaikan pada mereka, bahwa membersamai mereka walau melalui suara, adalah sangat menyenangkan. Yakinkan mereka, bahwa engkau di sini (sedang semangat) dan baik-baik saja. Sampaikan pada mereka, kerinduanmu yang terasa. Niscaya, akhir pekanmu akan menjadi penuh cerita.

Selain cerita yang engkau bagikan pada orang tua dan keluarga di kampung halaman, engkau pun memperoleh cerita terbaru dari beliau semua. Sungguh-sungguh! Moment seperti ini seperti bertemuan. Sebab, banyak kenangan yang terhadirkan lagi. Banyak impian yang terselamatkan lagi. Dan semangat hidupmu semakin bertambah-tambah. Yakinlah, esok di awal pekan, engkau pun menjadi sangat bahagia. Karena ada yang mengharapkan kehadiranmu selalu saat engkau jauh dari mereka. Ada yang akan engkau kunjungi nanti, setelah waktu liburan panjang datang.

2. Bepergian & Menulis Catatan atau Membaca di Toko Buku, Seharian. 

Sebagai seorang perempuan yang belum berkeluarga, akhir pekan mu juga bisa bahagia. Seperti halnya mereka, teman-temanmu, perempuan yang telah berkeluarga. Saat mereka menghabiskan akhir pekan dengan keluarga kecil mereka, maka engkau dapat menikmati masa-masa sendirimu dengan sangat-sangat bahagia.animasi-bergerak-membaca-0131

Yah, pergilah ke manapun engkau suka. Temuilah siapapun yang engkau ingin temui. Enjoy you free time. Happy your moment. Karena semua pasti berlalu, yakinlah. Ukirlah kebahagiaan lebih banyak, dalam masa penantianmu. Ukir sebanyak-banyaknya harapan tentang pemuda impianmu. Susun rencana-rencana terbaik tentang hari esok yang engkau ingin wujudkan. Lalu, jangan hanya berpangku tangan. Bergeraklah, meski pelan. Melangkahlah, walau enggan. Karena kalau engkau sudah terbiasa, engkau bakal menikmatinya. Engkau akan merasa sangat rugi, kalau waktu seharian yang engkau miliki, tanpa bermakna apa-apa. Maka, jadikan waktu akhir pekanmu yang sangat berharga, menjadi berkesan.

3. Mencoba Hal-hal Baru

Sebagai seorang anak manis rumahan yang jarang melakukan aktivitas di alam, maka sesekali berpetualanglah. Kalau engkau tidak keberatan, lakukan aktivitas-aktivitas yang belum pernah engkau bayangkan, sama sekali.

animasi-bergerak-berlayar-kapal-layar-0066Intinya, keluarlah dari zona nyamanmu. Dan hasilnya sangat mengesankan. Karena dalam petualanganmu, engkau menemukan pengalaman mengejutkan. Engkau pun dapat membuka cakrawala pandang terhadap dunia. Engkau mempunyai cara baru dalam melihat dirimu. Sebab engkau tidak selalu harus melakukan aktivitas yang sama dari waktu ke waktu. Tantanglah dirimu sendiri untuk maju. Beri ia waktu untuk mempelajari hal-hal baru. Supaya, hari-hari yang menyenangkan, menjadi bagian dari hidupnya juga.

Bangun pagi-pagi. Kemudian lakukan aktivitas berbeda dari kemarin. Lakukan aktivitas berbeda dari pekan-pekan lalu. Berubahlah! Bersenang-senanglah. Pergilah ke tempat-tempat yang tidak engkau rencanakan. Dan surprised!  Ada hal-hal baru di sana, bukan?
– Aku pernah nonton ke bioskop sendirian untuk pertama kali di akhir pekan tahun-tahun lalu. Dan aku pun tersenyum mengenangnya kini. Apa aku seberani itu? Aku tidak percaya. Tapi aku telah mencoba, maka ku bahagia.  Hahaa…  😀

4. Menemani Sahabat

animasi-bergerak-karaoke-0001Sebagai seorang sahabat bagi sahabatmu, sesekali terima juga ajakan sahabat untuk melakukan hobinya. Yah, walaupun engkau tidak mempunyai minat sama sekali. Engkau boleh memaksakan dirimu, kalau perlu. Walau engkau hanya akan menjadi penonton saja. Lakukanlah. Karena dengan begitu, engkau pun menjadi tahu. Bahwa ternyata dunia ini tidak hanya tentang dirimu saja. Akan tetapi, dunia yang sesungguhnya adalah tentang kepedulianmu pada sesama.

Nah, saat engkau peduli, hari-harimu menjadi terasa menyenangkan, tanpa engkau sangka. Karena engkau sudah menyelami kehidupan orang lain juga (sahabatmu). Dan saat menghadapi awal pekan nanti, engkau pun berseri-seri. Atas pengalaman yang sahabat titipkan terhadapmu.

5. Kembali ke Alam

animasi-bergerak-lompat-tali-0005Sebagai seorang yang sepanjang hari selalu terhubung dengan internet, mengoperasikan komputer, menonton televisi, main game di notebook atau sarana elektronik lainnya. Maka pada akhir pekan, engkau dapat mencabut semua perangkat tersebut dari koneksinya. Lalu keluar ruanganlah.

Hirup segarnya udara pagi dari tempat yang berbeda. Rasakan hangat sinar mentari dari tempat-tempat yang baru engkau datangi. Sapalah orang-orang baru yang engkau temui dalam perjalanan. Rasakan kebahagiaan sesungguhnya sebagai insan di dunia. Karena engkau dapat merasakan kedekatan emosi. Dari suara-suara yang engkau dengar, engkau pun menjadi tahu bahwa ada suara-suara lain di luar sana, yang baru engkau dengar. Ada tangisan anak-anak di halaman rumah tetangga, untuk engkau hayati. Dan kalau pun memungkinkan, bermainlah dengan anak-anak. Maka, engkau rasakan kebahagiaan baru. Engkau menjadi ‘kecil’ lagi dan dapat bermain-main seperti mereka. Sungguh-sungguh, terlalu banyak hal-hal sederhana yang terlewatkan dalam waktu sepekan terakhir. Maka, temukanlah ia di akhir pekanmu. Karena bahagia itu sederhana.

6. Happy Week End

Sebagai anak kostan, yang terkenal senang bermalas-malasan di akhir pekan, maka tidak begitu denganmu. Jangan malas. Namun bangkitlah. Ingat! Apapun yang engkau lakukan hari ini adalah cerminan dirimu di masa depan. Maka sedapat mungkin, bersemangatlah! Meski di akhir pekan.

animasi-bergerak-hari-libur-dan-tamasya-0096
Seperti ini, tidak aman.  😀 

Temukanlah dirimu yang sesungguhnya dalam hidup yang lebih menyenangkan. Bukan senang atas anggapan orang lain. Namun buatlah hidupmu menarik dengan anggapanmu sendiri.  Senyumlah kalau engkau benar-benar tersenyum.

Menangislah juga, kalau memang engkau membutuhkannya. Setelah itu, ingatlah bahwa hidup harus tetap berlangsung. Dan ubahlah cara pandangmu dalam menjalani hari.  Menjadilah pribadi yang lebih baik dari dirimu kemarin. Hanya dia saingan terbaikmu. Bukan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Be your self. Dan terus melangkah. Lalu, berbahagialah dari waktu ke waktu.

Jangan lupa, bagikan bahagiamu. Supaya mereka –siapa saja– juga bahagiaaa, sepertimu. Seperti bahagia ku mengenalmu. Selamat berakhir pekan, kawan… dengan aman dan selamat yaa. []

🙂 🙂 🙂

Iklan

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s