Engkau, Ternyata :D

Kesabaranmu seluas apa? Aku mulai tahu.
Keikhlasanmu sebanyak apa? Aku mulai tahu.
Kedewasaanmu seperti apa? Aku mulai tahu.

Ya, ketika ku tidak menyahut sapamu, saat engkau menemuiku. Hei, tahukah engkau bahwa, aku sedang mempersiapkan diriku di bilik-pemantasan diri. Untuk mengawali, mensegerakan memenuhi panggilan-Nya, dari pada engkau.

Karena siapa engkau? Aku mulai tahu.

Ya, aku bukan menyengaja untuk mengabaikanmu. Namun Dia sangat telaten mengatur segalanya. Termasuk sedetik waktu berikutnya yang akan kita tempuh. Aku semakin percaya dan lega. Hingga ku tenang melanjutkan langkah-langkahku. Sampai menjelang pada titik jemu, engkau pun melintas di ingatanku. Lalu semangatku bangkit lagi. Engkau yang menyinari ingatan, mencahayai perasaan.

Hei, betul itu engkau? Aku mulai tahu.

Semalam juga engkau datang, bukan? Aku mulai tahu.

Tapi bukan menyapaku. Namun ayah dan saudara laki-lakiku. Aku malu.

Seperti yang engkau sampaikan sejak awal. Bahwa kehadiranmu untuk melengkapiku. Menjadi bagian dari waktu-waktuku. Karena engkau nyaman. Hingga engkau datang lagi dan lagi untuk berteduh di atap ruang hatiku.

Mengapa harus engkau? Aku mulai tahu.

Sesungguhnya tidak layak ku bertanya ‘mengapa’ seperti ini. Namun aku memang kurang pandai mengatur pikirku. Sehingga sekali berpikir, membuatku salah tanya. Hei, sepantasnya aku menerima, tersenyum, dan juga bahagia. Kemudian merasakan dengan sepenuh jiwa. Jiwa yang terbuka. Menerima dengan gembira. Segembira wajahmu yang engkau bawa saat menemui Ayah dan saudara laki-lakiku. Oiya? Engkau masih ingat, bukan? Atau, jangan-jangan ini hanya mimpi. Ya, sudahlah… Aku percaya, engkau datang lagi. Meski kita tak pernah berjanji. Namun janji-Nya pasti.

Baiklah, baiklah, berbaik-baiklah memprasangkai-Nya. Karena kelak seperti prasangkamu yang engkau alami. Aku masih belajar tentang hal ini.

Engkau juga sama, bukan? Aku mulai tahu.

***

Malam ini aku jadi pulang. Semoga esok kita bertemu. See you…

🙂 🙂 🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

