Ssssttt! Sound of a heart note.

***

Catatan ini adalah tentang seorang sahabat. Ya, sahabat keuchild ku yang sedang sakit saat ku merangkai catatan ini. Maka, ku persembahkan khusus buat beliau. Beliau yang pada saat itu sedang berjuang melawan virus penyakit yang menderanya. Ku rangkai catatan sebagai penghibur beliau. Dengan harapan, sahabat masih mau tersenyum dalam kondisi terakhirnya. Meski sedang sakit, namun senyuman dapat menjadi pengobatnya. Obat yang untuk memakainya hanya membutuhkan kerelaan hati. Relanya hati ini menarik dua ujung bibir ke kiri dan kanan, bersamaan. Ukurannya sepanjang dua sentimeter saja dan simetriskan. Maka, senyuman indah menghiasi wajahmu, sahabatku.

Yaph! Begitu. Senyuman yang engkau tampilkan sudah pas. Pas saat dua ujung bibirmu tertarik ke kiri dan ke kanan bersamaan. Lalu untuk waktunya, lebih lama lebih baik, jangan hanya sekejap saja. Karena kalau sekejap, pastinya tidak menarik. Namun terlihat seperti gerakan begitu saja, bukan tersenyum namanya.

Sahabat, saat melihatmu tersenyum seperti itu, membuatku turut tersenyum pula. Untuk menemani senyumanmu, untuk mensenyumimu. Senyuman sebagai bukti bahwa aku respect padamu. Aku menyukai dan menghargai senyumanmu. Senyuman ringan yang engkau tampilkan. Senyuman khas sebagai tanda persahabatan. Yes! Engkau sahabatku kini. Sahabat yang ku rindui. Karena saat ini kita sedang berjarak raga.

Catatan ini adalah buat sahabatku yang tidak lelah memberiku semNgat secara tidak langsung. SAHABAT kecilku. Sahabat yang tersenyum padaku, dengan kerling bola matanya. Sahabat yang cantik hatinya dan menarik pribadinya. Baik budinya, serta unik orangnya. Sahabat kecilku yang sekarang tentu sudah dewasa.

Akhir-akhir ini, kami masih suka bertukar suara jiwa melalui rerangkai kata. Dan pada saat komunikasi kami berlangsung, beliau masih sama. Ya, beliau yang menitipkan senyuman padaku, serta secuplik bahan pelajaran untuk ku pahami. Termasuk teladan yang ku petik lagi dari beliau. Untuk berikan yang terbaik, dari diri. Dengan upaya terbaiknya demi kebaikan. Dan nasihat sahabat kecilku yang masih ku ingat untuk ku berai dalam kalimat adalah, "Serahkan pada ahlinya. Baik sebuah pertanyaan yang ingin kita ajukan. Begitu pula dengan suatu urusan yang ingin kita selesaikan. Maka, tentu menjadi lebih tepat, bukan?"

Ya, serahkan sebuah urusan hanya pada ahlinya. Agar saat kita membutuhkan solusi, tentu solusi yang tepat kita dapatkan. Begitu juga saat kita memiliki permintaan, pertanyaan dan lain sebagainya. Tujukanlah pada ahlinya. Agar lancar dan tertemukan pencerahan. Demikian.

Seorang sahabat, walau jauh tetap ada dalam ingatan. Karena sahabat itu seperti awan yang menaungi alam ketika mentari bersinar sungguh terik. Ia memayungi kita agar tidak kepanasan dan keringatan dalam perjalanan. Sahabat juga seperti jalan-jalan yang membentang. Ia ada di manapun kita mau melangkah. Dan sahabat mau menjadikan dirinya sebagai jalan untuk kita tempuh dalam mencapai tujuan. Meski ia tidak kita bawa serta hingga kita sampai di tujuan. Namun mengingatnya selalu karena berperan dalam perjalanan kita, merupakan balasan terbaik atas persahabatan yang sahabat beraikan. Begitu indahnya persahabatan ini. Persahabatan dari hati, dengan hati, berhiaskan perhatian. Dan semoga sampai ke hati sahabat dengan kondisi terbaiknya. Sehingga kesan dan kenangan persahabatan selalu di hati, meski raga sahabat jauh di mata. Sekalipun sahabat sudah tiada lagi di bumi. Namun hingga di negeri abadi nanti, para sahabat masih saling mengenali, mengingati dan bereuni.

🙂😉🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s