Ingatlah!
Dalam melanjutkan langkah menuju puncak impianmu. Edarkanlah pandangan ke sekeliling, hirup udara dengan santai, rasakan sepoinya di lembaran pipimu. Lebih sering. Lakukan hal ini, ketika engkau merasakan lelah dan penat saat melangkah. Dan rehatlah sejenak, berhentilah untuk menambah energimu lagi. Teguklah air beberapa teguk untuk membasahi tenggorokanmu yang mulai kering. Nikmatilah beberapa potong bekal yang sebelumnya sudah engkau siapkan. Ya, dengan berhenti sejenak, engkau memperoleh energi tambahan untuk melanjutkan perjalanan.

Ingatlah!
Saat engkau berada di sini, saat ini, bersama siapapun itu, membutuhkan waktu, pengorbanan dan usaha. Maka, hargailah semua itu dengan tetap semangat. Tunjukkan pada sekitar bahwa engkau (merasa) lebih baik bersama mereka. Engkau pun mau (membuat) mereka menjadi lebih baik dengan kehadiranmu.

Ingatlah!
Untuk masih mau tersenyum pada helai daun-daun yang melindungimu dari terik panas mentari. Saat engkau sedang rehat sejenak di bawah sebatang pohon yang rindang. Berterimakasihlah padanya, yang memberimu kenyamanan saat bersandar di batangnya. Sampaikan terima kasihmu dengan menumbuhkan semangat untuk mau bergerak lagi.

Ingatlah!
Sudah berapa jauh perjalanan yang engkau tempuh untuk sampai pada saat ini. Maka, saat engkau berkata lelah, kelelahan itu bisa engkau kalahkan dengan terus menatap ke depan. Pandanglah tujuanmu, tatap impianmu. Meski ia masih jauh, walau masih lama waktu yang perlu engkau tempuh untuk menemuinya. Namun kalau engkau tidak bergerak, lalu siapa lagi yang akan meneruskan usahamu? Engkau bertanggung jawab dengan impianmu. Maka tentu tidak mudah engkau berkeluh, bukan? Saat engkau mulai menyadari ini.

Ingatlah!
Orang-orang hebat bukanlah mereka yang mudah berkeluh. Walau di tengah kesulitan dan kesempitan sekalipun. Karena mereka percaya, kesulitan akan berganti kelapangan, kalau mereka mau bergerak dan menjauh dari kesulitan. Kesempitan akan mereka tinggalkan, saat mereka mau bergerak. Dan mereka menjadi hebat seperti engkau mengenal mereka, karena mereka ada orang-orang yang pantang menyerah. Walau pernah lelah, walau sering lemah. Akan tetapi, kekuatan ingatan pada impian, membuat mereka kuat lagi. Dan kemudian, mereka melanjutkan langkah-langkah untuk mencapainya.

Ingatlah!
Tidak ada yang gratis di dunia ini. Begini ‘orang hebat berikutnya yang ku temui’ memesankan padaku. Pesan yang beliau dapat dari seorang yang beliau bilang orang hebat. Dan pesan tersebut beliau sampaikan padaku, untuk menyemangatiku, memotivasiku, dan memberiku kesempatan untuk mau belajar lagi. Karena belajar tidak mengenal batas usia. Kita harus selalu belajar kapan saja. Dan saat ini pun, saya masih sedang belajar, tambah beliau pula. Nasihat yang hebat!, gumamku. Nasihat yang bagiku sangat bermanfaat. Nasihat yang sangat aku butuhkan. Tepat sekali. Pada saat beliau menitipkan nasihat padaku, aku benar-benar sedang membutuhkannya.

Ingatlah!
Untuk senantiasa memperhatikan sekitar. Untuk tetap menjejak di tanah. Walau waktu sudah berubah, ragamu jauh melangkah. Ingat asalmu dan kenali tujuanmu. Maka saat itulah engkau mengerti, apa yang perlu engkau lakukan.

Ingatlah!
Bahwa dalam setiap kejadian dan keadaan, ada hikmahnya. Maka pintarlah dalam memetik hikmah, karena pasti ada hikmah yang dapat kita petik.

Ingatlah!
Baik engkau sadari atau belum, sesungguhnya yang engkau alami saat ini, pernah ada di dalam daftar impianmu. Ingatlah lagi, lalu tersenyumlah menjalani… #pesanuntukdiri

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s