Membaca adalah aktivitas yang sangat bermanfaat. Karena dengan membaca, pengetahuan kita bertambah. Dengan membaca pula, level kita bisa setingkat lebih tinggi dari orang-orang yang tidak membaca.

Engkau ingin mengetahui apa? Ingin pergi ke mana? Namun masih terbatas oleh jarak, materi maupun waktu? Maka membaca adalah salah satu cara lebih cepat untuk mewujudkannya. Bacalah tentang keadaan sebuah negara, maka engkau seakan berada di sana, segera. Bacalah tentang perjalanan seseorang, maka seakan engkau yang sedang melakukan perjalanan tersebut. Oooo… sungguh indah, bukan? manfaat membaca?

Baca dan membacalah lebih banyak, lebih banyak, dan banyak lagi. Maka akan terbuka pikiranmu, cerah dan cemerlang ingatanmu. Wawasanmu pun akan semakin luas dan membentang indah untuk membawamu melanglangbuana. Berangkatlah bersamanya, dengan lembar bacaan yang engkau baca. Lakukan dengan tenang dan senang.

Selain menambah pengetahuan, membaca juga dapat menjadi teman bagi kita. Bagaimana bisa? Ya, karena membaca adalah sebuah aktivitas. Maka dengan melakukannya, kita tidak akan merasa sendiri. Karena pada umumnya, orang melakukan aktivitas membaca saat-saat sedang sendiri, bukan? Nah, di tengah kesendirian tersebut, membaca dapat menjadi jalan bagi kita untuk bercakap-cakap dengan si penulis buku. Alangkah gembiranya, saat kita dapat bertatap langsung dengan orang-orang hebat tersebut, meski hanya melalui rerangkai aksara. Namun tidak mengapa, semoga suatu masa dapat menjadi nyata, kalau penulis-penulis buku yang kita baca tersebut masih ada. Namun bila penulisnya sudah tiada, semoga beliau berbahagia di alam sana, tersebab manfaat yang kita peroleh dari susunan kata yang mengalir melalui jemarinya ketika beliau masih hidup.

Membaca juga merupakan salah satu usaha yang kita lakukan untuk merancang masa depan. Karena masa depan seseorang yang gemar membaca dengan yang tidak melakukannya, sungguh berbeda. Lihatlah, perhatikanlah di sekitarmu. Bagaimana kondisi kehidupan orang-orang yang gemar membaca. Kehidupannya terlihat lebih mudah nan indah, bukan? Berbeda halnya dengan orang-orang yang tidak suka membaca. Bawaannya kening mengkeruuut, aja. Ga enak dipandang. Entah mengapa, terlihat tidak ceria saja. Sedangkan orang-orang yang gemar membaca, matanya berbinar-binar, senang menampakkan wajah cerah, dan tentunya menjadi pemandangan menarik. Sehingga ia senang berbagi tentang hasil bacaannya. Baik secara langsung, maupun tidak langsung, melalui sikap dan tindakan. Dan tahukah engkau, bahwa membaca adalah aktivitas yang membuat kita menjadi lebih rileks?

Caranya yaitu, bacalah bahan bacaan yang engkau sukai atau sesuai dengan kebutuhanmu. Maka engkau akan menjadi terbantu dengannya. Seperti ketika engkau sedang membutuhkan inspirasi, maka segeralah membaca. Bacaan apa saja, dan mudah engkau temui. Bacaan yang setelah menikmatinya, dapat membuka ruang pikirmu lebih luas lagi dan menemukan cara baru untuk meneruskan perjalanan hidup ini menjadi semakin menarik. Ayoo membaca, untuk lebih bahagia. Dan berbahagialah karena engkau gemar membaca. Karena teman-temanmu akan semakin bertambah banyak, seiring banyaknya buku yang engkau baca. Dan yang terlebih penting, membacalah bahan bacaan yang lebih banyak dan bermutu, selanjutnya menuliskan inti pentingnya. Agar engkau pun dapat menghasilkan bahan bacaan untuk orang lain. Semoga hidupmu selalu bermanfaat, sukses dan kualitas kehidupanmu meningkat. [] #memotivasidiriagarrajinmembaca

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s