Waktu luang. Ia hanya datang sekali dan tidak akan pernah terulang dan sama, setelah berlalu. Begitu selalu dan seterusnya. Maka, ketika waktu luang menemuimu dalam perjalanan hidup ini, bahagialah bersamanya dan nikmati setiap detiknya. Agar, ketika kesibukkan memenuhi ruang waktumu, semangat tetap terjaga. Yhaa.

Waktu sibuk. Ia adalah kesempatan bagi kita untuk melakukan yang terbaik. Ia memberi kita ruang terluas untuk berkarya, berekspresi, berprestasi, bersilaturrahmi, bahkan untuk menyalurkan hobi. Begitu diantara aktivitas yang dapat kita lakukan dalam kesibukkan di hari-hari. Maka, bersemangatlah teman, dalam kesibukkanmu. Agar ketika waktu luang datang lagi, engkau dapat menikmatinya dan memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sehingga tidak ada sedetikpun waktu yang terbuang percuma, tertinggalkan tanpa makna. Agar bahagia senantiasa menyertaimu di waktu luang apalagi waktu tersibuuukk yaa.

***

Hari-hari terakhir diantara waktu luang, aku dan keponakan berjalan-jalan ke taman kota. Yah! Di kota kecil tempat tinggal kami, ada tamannya juga lho. Hohoo. Suasananya tidak berbeda jauh dengan taman-taman di kota besar. Karena di sekitar taman terdapat arena duduk-duduk, perosotan, tempat jualan, bahkan ada juga lokasi untuk santai-santai di bawah pohon. Dan sepoi angin yang berhembus pelan, mengingatkanku padamu, teman. Ketika kita duduk bersama di taman yang sama, dulu… dahulu kala. Ah, hanya bisa bernostalgia dengan semua, kini. Karena saat ini, di taman ini, aku hanya dapat memandang langit biru di atas sana. Langit yang sama, masih dan akan selalu sama. Begitu pula dengan pepohonannya, rerindang nan menyejukkan, membawaku terbang ke sana, hingga berdekatan denganmu. Di taman kota, saat kita pernah bersama, di sana dulu. Di kota yang berbeda dengan saat ini. Ai! Kenangan ini selalu saja mengikutiku ke mana pergi. Bagaimana ini, bagaimana begini? Sungguh tidak mudah ku mengerti, hingga saat ini. Tentang ingatan yang kerap menghampiri.

Hari ini pun sama. Di antara jeda waktu beraktivitas, ku punya beberapa jenak waktu luang. Hihiii.. Makanya, ku mampir di mari. Untuk menitipimu tentang beberapa suasana hati. Lalu, bahagiakah kurasai? Apakah aku menikmati semua ini? Entahlah yhaah? Aku pun masih menanyai. Tentang rasa yang akhir-akhir ini menemani. Apakah engkau pun mengalami, teman?

Namun demikian, di sini ku sering belajar mendata suasana hati. Untuk ku ketahui lagi nanti. Setelah beberapa waktu kemudian, dan bahkan berhari-hari. Atau hingga hitungan tahun. Pasti dan pasti jelas semua terwakili, melalui beberapa baris rangkaian kalimat ini. Untuk tersenyum lagi saat ku temui, ada yang aneh dari semua. Untuk tertawai diri ini, bila ku temui pernah tertitik bulir bening permata kehidupan di pipi, saat menulisi. Untuk ku lanjutkan menghayati, ketika sebait dua bait catatan berisi peringatan. Semoga, tidak ada yang tersia.

Di waktu luang ini yang mungkin tak lama, maka ku ingin bahagia menjalani, menikmati … []

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s