Duo imut Lira dan Khayla adalah pendatang terbaru dalam keluarga kami. Setelah sebelumnya diramaikan oleh Fathiya, Sukri dan Aidil. Subhanallah, mereka semua membuat suasana rumah menjadi sangat semarak. Apalagi kalau berlima bersama bermain, bercanda, berantem, akhirnya akan terjadi keriuhan tak terperi. Bahkan saat berdua saja Khayla dan Lira, nuansa hidup di rumah akan semakin bertambah. Apalagi semuanya? Bayangkan, ini baru berlima anak-anak kecil lucu. Bayangkan, kalau bertambah beberapa orang lagi. Dan aku suka membayangkan nuansa di keluarga yang anak-anak kecilnya lebih banyak. Waaow, aku pasti akan lebih sering menertawai keributan mereka. Karena semua yang mereka lakukan seakan menarik untuk diabadikan sebagai hikmah.
Aku, untuk saat ini, memang belum mempunyai anak kandung. Namun dari bercengkerama dengan anak-anak di sekitar, kiranya ku dapat berkaca. Sudah sejauh apakah pemahamanku dalam menghadapi dunia anak-anak yang sangat berwarna?

Hingga saat ini, ku belajar dari lingkungan. Bertanya pada pasangan-pasangan yang sudah mempunyai momongan. Apakah yang mereka lakukan dalam menenangkan si kecil saat menangis? Bagaimana menghadapi bocah-bocah yang rewel? Dan apakah perasaan ibu-ibu saat menghadapi kelakuan si kecil yang sangat aktif? Hihiiii… Dan hasilnya adalah, hanya perlu dipraktikkan. Karena anak-anak adalah dunia pembelajaran. Belajar tentang kesabaran, belajar tersenyum bersama mereka, melatih syukur karena membersamai mereka dalam keseharian. Termasuk saat anak-anak bermain-main semaunya. Maka orang tua adalah pengendali mereka agar kembali ke jalan yang benar.

Dua orang diantara lima orang keponakan ku adalah Lira dan Khayla. Dan saat ini, aku ingin berkisah tentang duo bocah imut ini. Mariii…😀

Kebersamaan kami bermula sejak awal bulan ini. Kebersamaan yang merupakan kedua kalinya dengan Khayla, sedangkan Lira untuk pertama kalinya. Namun kami dengan mudah cepat akrab. Walaupun Lira belum sepenuhnya memang, sama seperti dengan yang lainnya. Hehee. Karena dianya suka nangis aja kalau ditinggal ibunya. Entah mengapa. Karena dia seperti moody gitu. Kadang tenang dan kadang menggenang airmata di pipi. Ckckckckkk. Ada-ada saja. Tanpa sebab dan tetiba sudah bersenandung memecah sunyi alam. Kemudian teriak-teriak ala anak kecil dengan gayanya. Aku pun tertawa menyaksikan, lalu mengajak main dan membujuk. Dan terkadang ia mau, terkadang lagi gak mau. Intinya adalah, belajar lagi tentang ilmu mengurus anak kecil adalah pilihan.

Khayla adalah putri pertama Onna, kakak perempuanku yang kedua. Khayla juga di usianya yang setahunan sebaya Lira, juga sama. Dianya tidak pernah mau diajak main. Kalau ditinggal ibunya sebentar saja denganku, maka dia pun teriak-teriak mencari pertolongan. Huwwaaaa… padahal khan aku hanya pengen gendongin. Hiks, aku pun tertawakan ia. Seraya menangis juga siich, karena dia ga suka padaku. Huhuuuu.

Eits, itu baru cerita tentang kesedihan. Dan selanjutnya adalah kisah membahagiakan. Begini ceritanya.

Dalam hari ke hari dan waktu yang kami jalani bersama, bermain-main di sela waktu adalah keasyikan. Karena anak-anak kecil tuch, suka tersenyum aslinya. Walau sering terlihat moody. Namun saat senyumannya menebar di pipi, alhasil kelegaan menebar di relung hati. Lalu, menjadikan sebagai hasil kebersamaan, membuat kita menemukan inspirasi.

Hari ini, kami bersama. Bersapa, bercanda, dan sempat mengabadikan senyuman duo imut Lira dan Khayla. Semoga mereka cepat besar, lalu bertumbuh menjadi muslimah shalehah nan anggun, seperti ibuk Onny. Aamiin. Lalu, siapakah Onny? Mungkin Lira dan Khayla belum kenal. Entar kalo mereka udah gede, tak kenalin dech yaa.

Sekian kisah kami, insya Allah lain waktu cerita-cerita lagi iiyyaa. Salam cantik dan meriah penuh senyuman dari duo imut buatmu, teman… []

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s