Terkadang dalam kehidupan, kita akan bertemu dengan titik nol. Yaitu titik di mana kita berada pada posisi yang tidak bernama, jauh dari kesibukkan dan rutinitas biasa yang kita lakukan. Atau dapat juga disebut bahwa titik nol ada titik yang sangat menentukan. Ya, titik nol adalah sebuah kesempatan dan peluang yang perlu kita jeli dalam menjalaninya. Sehingga ketika berada pada titik nol, kita hanya perlu menemukan arah dan tujuan selanjutnya. Arah dan tujuan yang menjadikan kita lebih baik dari hari kemarin. Sedangkan setelah titik nol berlalu, kita dapat menarik nafas lega bersama kemerdekaan pikir dan jiwa yang lebih lapang.

Hari masih terus berlangsung. Apakah kita memilih bergerak atau sebaliknya. Waktu akan terus bergulir. Baik saat kita berjuang dan berusaha atau hanya memilih tanpa upaya. Ya, dengan penuh keyakinan dan percaya, kita hanya perlu menenangkan pikir, mengajaknya berdzikir bersama hati. Hati yang lebih luas. Karena ia belajar saat berada di titik nol sekalipun.

Hari ini masih ada harapan. Harapan untuk hari esok yang lebih bersinar. Hari esok yang akan kita jalani setelah hari ini bernama titik nol pun meninggalkan kita.

Terkadang dalam kehidupan ini, kita akan bersua dengan titik nol kehidupan. Yaitu titik ketika kita tidak mudah menyadari. Bahwa ternyata kita sudah harus berpisah dan atau sudah mesti bertemu. Dan titik nol adalah poros kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan. Apalagi saat kita tahu bahwa ternyata ada hikmah saat menjalaninya.

Di titik nol kehidupan, ada pertemuan, ada kebersamaan, pun perpisahan. Semua ada untuk mengingatkan kita akan kondisi diri terakhir. Apakah kita siap menyambut titik satu setelah titik nol berlalu? Bagaimana kita menyambut hari esok setelah titik nol hari ini meninggalkan kita?

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s