Persahabatan. Bagimu, apakah yang terpikirkan saat satu kata berimbuhan ini muncul di hadapan?

Apakah ia menjadi sepiring makanan? Segelas minuman? Atau malah bebungaan yang tumbuh bermekaran di taman bunga di halaman samping kostan?

Atau malah terpikirkan tentang awan gemawan yang beriringan di angkasa, lalu berkumpul membentuk lukisan nan menawan?

Atau bahkan bagimu, persahabatan itu adalah tentang harapan yang muncul di ingatan, terhadap sesiapa pun yang berperan, berpesan, dalam perjalanan?

Hmmm….
Menurutku, persahabatan adalah tentang senyuman yang memekar indah menawan di wajah sehingga menjadi enak dipandang. Dan persahabatan adalah pertautan jiwa yang tidak akan pernah terlepaskan sampai kapanpun.

Persahabatan. Persahabatan kita bukan tentang lamanya waktu kebersamaan tercipta. Akan tetapi persahabatan adalah tentang tekad untuk saling menjaga, meskipun kebersamaan kita masih belia.

Persahabatan. Di dalam persahabatan, terkadang seorang sahabat memang memerlukan waktu untuk diam sejenak. Diam bukan berarti tidak peduli dengan sahabatnya. Akan tetapi diam untuk menenangkan diri sebelum memilih bersikap. Ah, memang tidak mudah menghadapi sahabat dalam diam. Karena membutuhkan keberanian yang tinggi. Agar tidak mudah bersuara, pada saat diam sangat dibutuhkan.

Diam dalam persahabatan dibutuhkan untuk menetralisasi emosi. Agar, kita dapat mengenali emosi tertinggi yang kita punya. Dan kemudian memunculkan ekspresi terbaik setelah diam dilakukan.

Persahabatan. Persahabatan bukan hanya tentang kebahagiaan yang kita tata. Akan tetapi, kita pun perlu belajar untuk mendata kese-dihan atas sikap sahabat yang kurang menyenangkan? Termasuk juga memberikan kesempatan pada diri untuk memaafkan sahabat yang bersikap berlebihan, diluar kebiasaan. Mengapa? Karena persahabatan adalah tentang pengertian, pemahaman dan menebarkan senyuman. Aih, tidak semudah berteori, untuk mempraktikkan, memang. Akan tetapi, dengan menuliskan terlebih dahulu, semoga menjadi ingatan bagi kita (aku khususnya) untuk bermudah-mudah dalam menjaga persahabatan agar menjadi taman bunga senyuman yang bermekaran dalam keseharian.

Persahabatan. Persahabatan adalah tentang ingatan yang hadir keseringan karena lokasi dan jarak membatasi pertemuan, namun kita masih mendoakan sahabat dengan penuh ketulusan. Tidak perlu agar sahabat tahu tentang doa yang kita lantunkan, namun agar kita kembali tersadarkan bahwa di dunia adalah lokasi untuk saling mengingat dan mengingatkan. Dan doa adalah ingatan terbaik antar sahabat, baik yang jauh maupun dekat dalam ingatan.

Persahabatan. Persahabatan adalah tentang seorang teman yang mengenali kita, namun belum pernah bertemuan. Akan tetapi teman tersebut mengingat kita dan menjadikan sebagai bagian dari kisah perjalanannya. Nah, itu baru persahabatan yang sangat elegan. Persahabatan yang terjalin karena saling mengikhlaskan perbedaan dan menghargai persamaan. Sehingga dengan alasan apapun, ia menjadikan kita sebagai seorang yang sangat penting dalam kehidupannya.

Persahabatan. Persahabatan bagiku adalah penting sekali. Karena dengan adanya persahabatan, maka hari-hari menjadi cerah ceria berseri-seri. Berbeda dengan malam yang sepi, sunyi seperti layaknya malam tak berbintang. Yah, karena persahabatan itu indah. Kalau siang, ia menjelma mentari mensenyumi, sedangkan saat malam, persahabatan menjadi penghias langit hati. Hingga berseri-seri penuh sinar menerangi. Aih, persahabatan terkadang membuat kita kembali mau berlari, bergerak dan menyusuri perjalanan juang ini. Sehingga kuat dan teguh langkah-langkah, menjadikan mereka seakan tak percaya, bahwa ternyata, kita melakukannya dengan bahagia.

Ah, persahabatan ini, tidak akan pernah habis kata-kata untuk mengurainya. Karena ia penuh warna.

👑😀😃😁👑

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s