Apakah tujuan hidupmu, teman?
Ke manakah tujuanmu hari ini, teman?
Bagaimana dengan hari esok, tentang cita-cita, harapan dan impian?

***

Usah menerka apakah engkau akan sampai dengan selamat. Namun berbaik sangkalah bahwa, jalan senantiasa ada membentang indah untuk engkau lewati dalam upaya mencapai tujuanmu. Ya.

Ini adalah hal sederhana, namun berefek luar biasa terhadap upayamu. Ya, berbaik sangka terdengar ringan. Akan tetapi dalam mengaplikasikannya, adalah sepanjang proses yang engkau tempuh hingga sampai di tujuan.

Tentang hal sederhana ini, aku mempunyai pengalaman yang hendak ku bagi. Ya, tentang usaha menempuh jalan dalam mencapai tujuan.

Adapun tujuan ku pagi ini, salah satunya adalah sarapan dengan lontong khas Padang. Itu saja. Dan tentang hal ini sudah terbayang-bayang sedjak semalam, hingga pagi ini, sampai akhirnya ia menjadi kenyataan.

Tujuanku adalah menemukan penjual lontong khas Padang yang ada di kota ini. Dan setahu aku siech, memang ada yang jual dan lumayan banyak. Nah, sebelum dan sebelumnya kalau aku mau, tinggal jalan ke arah atas sekitar Borm-a Cikutra. Di dekat persimpangan tiga, ada satu penjual lontong khas Padang yang terkenal. Selain itu juga ada di Jl. Dipati Ukur berdekatan dengan kampus Universitas Pajajaran. Itu lho, yang suka ada bus Damri ke arah sananya dikiiit, sampai deh.

Mengapa aku pengen sarapan lontong Padang? Karena aku suka sering keingetan kalau udah pengen. Apalagi akhir-akhir ini teman-teman menanya-nanya padaku aneka pertanyaan yang beraroma kepadangan. Jadi dech keingetan terus. Termasuk lontong Padang ini. Xixiii. Ceritanya ngidam. Boleh tho yaa, berhubung di perantauan. Jadi, kepengen masakan khas kampung halaman adalah lumrah kita alami dan ‘mungkin’ semua perantau mengalaminya, pikirku.

Walau tak sering-sering kepengennya, namun sekali pengen, aku orangnya suka penasaran. Jadi akan mengusaha untuk menemukan hingga jumpa. Termasuk tentang sarapan pagi ini.

Berangkat dari kostan lebih awal, agar masih jumla dengan penjual lontong Padang di mana saja. Oiyaa, ternyata pas mau berangkat aku ingat bahwa sandalku tertinggalkan di kantor. Padahal aku cuma punya satu-satunya sandal buat jalan yang ‘agak’ layak. Huwwaaa.. jadi ke pasar dulu dech, beli sandal baru. Maka memulalah langkah menuju arah Pasar Kiara Condong. Perjalanan menuju pasar sekitar lima belas menit saja. Setelah itu aku pun menuju lokasi yang belum pernah ku kunjungi di pasar tersebut untuk beli sandal. Maka berjalanlah aku menyusuri lorong-lorong toko.

Setelah melangkah sekitar lima menitan, sampailah aku di toko terbaru. Dan dipastikan aku belum pernah belanja apapun di sini. Lalu memilih dan melihat-lihat dulu. Hingga akhirnya bertemu ‘sepasang jodoh’ sandal tali berwarna-warni. Cokelat muda berteman cokelat tua dan merah menyelingi. Sedangkan lantai telapaknya berwarna krem. Wah, senangnya punya sandal baruuuuuuu, harganya enam puluh ribu saja. Alhamdulillah.😀

Ba’da belanja sandal, aku teringat sarapan. Karena memang awal berangkat dari kostan tadi aku sengaja belun sarapan. Ya, belum aja.

Tujuan : Sarapan lontong Padang Mbak Broo.
Realisasi : Mencapai target dalam waktu yang tepat. Yes! Alhamdulillah. Let’s check it out, yaa. Aku bawa penampakannya buat kenang-kenangan setelah usaha menemukan hingga ke ujung jalan kereta api. Bersama keyakinan bahwa ia ada di dekat pasar, walau belum pernah tahu.

Penjualnya berada di posisi yang tidak terlalu jauh dari Kantor Polisi Kiara Condong pakai gerobak dorong. Penjualnya ibu-ibu usia sekitar 45 tahunan.

It is yummy. Terasa sangat buat petualangan demi menemukannya. Alhamdulillah. Then, what is Yani’s purpose? Where will she go?

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

