Berpagi-pagi memulai perjalanan, adalah pilihan. Ya, sebelum mentari meninggi. Saat hangatnya masih sederhana, aku berangkat dari kostan. Adapun tujuan yang ingin ku capai adalah negeri di atas awan, dekat Ciwidey.

Untuk berangkat menuju lokasi, perlu beberapa kali ngangkot. Angkot pertama adalah Kalapa – Caheum via Binong yang lewat di jalan depan kostan. Selanjutnya dari Kalapa (nama sebuah terminal di kota Bandung) naik angkot Soreang. Nah, saat ini aku sedang duduk manis di angkot menuju Soreang.

Perjalanan memakai angkot dari Kalapa menuju Soreang, lumayan lama. Sampai satu jam perkiraan.

Oh, ternyata angkot Soreang dari Kalapa, melipir lewat sebentar di Leuwi Panjang, lho.

Di dalam angkot, saat aku baru naik sampai saat ini baru ada aku, supir serta seorang penumpang lainnya. Beliau bapak-bapak dan memilih duduk di depan samping supir. Sehingga aku tidak bertanya ke mana beliau mau menuju. Namun dari paras dan penampilan, terlihat beliau sedang menuju lokasi aktivitas.

Di angkot, kami disuguhkan dengan alunan nada indah salah satu penyanyi di negeri ini. Aku kurang hapal judul apalagi penyanyinya. Namun dari lirik-lirik yang ku simak, ada bahasa gini, diulang-ulang puternya :

"Disitu terkadang saya merasa sedih, cintaku di khianati
Disitu terkadang saya merasa sedih, sakitnya hati ini
Disitu terkadang saya merasa sedih, cintaku didustai
Disitu terkadang saya merasa sedih, hancurnya hati ini."

***

Dan ada lagi

Memang tak wajar sifatku yang mau menang sendiri…

mungkin di lelah padaku

***

Selanjutnya, penumpang pun mulai bertambah dan angkotpun hampir penuh.

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

