Miliki tujuan dan bergeraklah! Karena jalan membentang indah di hadapan. Jalan-jalan yang akan menyampaikanmu pada tujuan.

Jangan takut duluan. Namun pertegas diri, perkuat hati. Niscaya engkau temukan kesejatian diri. Diri yang percaya pada kemampuannya, ia bisa bersama Allah. Setelah engkau yakin dengan dirimu, jangan pernah lupakan Dia (Allah) yang selalu ada bersamamu. Baik saat engkau bahagia, maupun ketika tidak bahagia. Ingatlah! Dan ingat lagi tujuanmu. Maka saat rintangan membentang di jalan yang sedang engkau tempuh, tetap istiqamah. Tegakkan badan, luruskan niat, perteguh langkah dan tetap tersenyuuum, teman…😉🙂😉 Senyuman terindah yang mampu engkau selipkan pada hati sesiapapun yang engkau temui. Senyuman hangat penuh kesan. Senyuman sumringah nan menawan. Hai, kawan, engkau bisa, bisa, teruskan perjuangan.

#apakabar hari ini, teman? Sehat?
+Alhamdulillah, aku siap, Allahu Akbar

Antusias penuh semangat, ia menjawab dan mendekat. Seraya tersenyum, diulurkannya jemari ke arahku. Lalu ku sambut dengan genggaman erat. Kami berpandangan saling memperhatikan ekspresi wajah. Kami berhadapan seraya meneliti dua bola mata yang tak henti berkedipan. Kami menyelam hingga ke dasarnya, sampai terlihat bayangan wajah kami sendiri di retina mata sang teman. Aiih! Indahnya pertemuan.

Setelah sekian lama tak jumpa, tadi malam Rasm-a Anggun berkunjung. Bersama beberapa buah tangan dalam genggaman, beliau menemuiku. Sebelumnya, tidak ada janjian. Tidak ada perencanaan, apalagi pemberitahuan. Sama sekali tidak. Kecuali percakapan kami beberapa bulan yang lalu, bahwa kami saling merindukan. Setelah itu, diam, hening, tak ada kabar-kabaran lagi. Hingga akhirnya, senja menjelang malam, beliau datang. Kedatangan yang membuatku surprise gak ketulungan. Aku terharu sungguh, teman. Karena akhirnya kami bertemuan. Alhamdulillah, masih ada kesempatan.

Satu persatu dari kami saling bercerita, bertukar gagasan dan pengalaman. Berbagi pengetahuan pun pesan dalam perjalanan. Untuk saling mengerti tentang perubahan. Agar dapat mengendalikan arus perkembangan. Ah, kami masih perlu banyak belajar, teman. Belajar mengerti arti kehidupan.

Pagi ini, menjelang mentari bersinar, sebelum jalanan ramai oleh kendaraan. Kami melangkah dan berjalan. Kami kembali berjarak tak lagi sedepa, teman. Namun lintas kota dan beda lingkungan. Beliau yang perlu meneruskan perjuangan, pun aku yang mempersiapkan diri untuk perjalanan berikutnya. Keep spirit! Teman. Engkau bisa mencapai tujuan.

Setelah mengantar Rasma di persimpangan dekat Tegal Lega, aku pun bersiap kembali ke kostan. Di perjalanan, aku sempat melipir-melipir di trotoar samping lapangan Tegal Lega yang sudah tak lagi lega, karena dipakai oleh para pedagang untuk berjualan. Sehingga, saat melanjutkan perjalanan, aku mencuci-cuci mata dulu dengan barang dagangan yang dihamparkan bebas sepanjang jalan. Ada bebajuan, bebuahan, sesayuran, sesendalan, serta banyak lagi lainnya. Mulai dari bahan-bahan siap pakap hingga bahan-bahan siap masak. Ah, aku senang dan bahagia. Karena masih mempunyai kesempatan untuk melanjutkan perjalanan ini. Perjalanan panjang dalam kehidupan. Perjalanan untuk menghayati, menikmati dan kemudian mengabadikan kisah dan pesan untuk buah tangan. Sebagai kenangan setelah sampai di tujuan. Untuk ku jadikan pelecut diri saat ia mal-asmalasan. Karena aku suka yang berkreasi dan gemar belajar serta berbagi. Seperti mentari yang mulai tersenyum dari ufuk timur.

"Wahai mentari, apakabar hari ini???," sapaku padanya seraya tersenyum meriah… []

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s