Bulan Ramadhan sepuluh hari pertama bertabur rahmat. Sehingga banyak orang beramai-ramai memperbanyak berbuat kebaikan. Salah satunya adalah dengan mengunjungi masjid, berinfaq, dan mengajarkan anak-anak untuk belajar berbagi sejak dini. Di antara keramaian dalam bulan Ramadhan di masjid, banyak anak-anak. Mereka datang bersama teman-teman sebaya, atau pun bersama orang tua. Ya, sehingga terasa sangat nuansa Ramadhannya.

Seperti hal nya anak-anak tersebut dan juga jamaah lainnya, maka aku pun sama. Inginnya lebih sering mengunjungi masjid, untuk menemukan makna Ramadhan. Nah, pada malam ke 6 Ramadhan, masjid yang ku kunjungi adalah masjid yang terdekat dengan tempat tinggal. Karena selama Ramadhan tahun ini, aku sudah membuat beberapa masjid yang ingin ku kunjungi dan berbeda setiap malamnya.

Dari pengalaman beberapa hari pertama Ramadhan ini, ada nuansa masa kanak-kanak yang ku alami. Ya, saat menyaksikan gadis-gadis belia yang berkumpul bersama teman-temannya, untuk berangkat ke masjid bersama-sama. Lalu, menyimak tausiyah ustadz dan kemudian mencatat materi untuk dilaporkan di sekolah. Ha!😀 Sungguh bahagianya menyaksikan semua. Hingga aku ingin kembali mengulanginya. Berburu tanda tangan ustaz dan atau pengurus masjid. Xixi.

Selain itu, nuansa lain di bulan Ramadhan adalah tentang shalat berjamaah di samping orang tua-tua. Dan pada malam ke lima enam, aku duduk di samping ibu-ibu yang seusia dengan ibunda. Aku pun terharu. Karena beliau mengingatkanku pada beliau, ibunda. Beliau yang gemar mengajak kami serta untuk datang ke masjid, saat masih belia dulu.🙂

~Ramadhanku penuh senyuman, bertabur kenangan dan pengalaman. Aku akan kembali merindukan nuansa Ramadhan seperti ini…~

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s