"Selayaknya kita memahami warna-warni dunia. Semestinya kita mengenali semua. Agar moment demi moment menjadi pengingat kita untuk sering bersyukur kepada-Nya. Ya, syukur yang panjang, mudah dan murah kita bagikan. Walau melalui selembar senyuman saat ini."

***

Alhamdulillah, segala puji hanya Milik Allah Yang Maha Terpuji. Maka memujilah kepada-Nya lebih sering. Dalam berbagai situasi, di setiap kesempatan dan beraneka keadaan, yaa. Karena kita tidak pernah tahu tentang usia satu detik ke depan. Apakah masih akan membersamai raga kita, jiwa ini? Atau ia akan kembali pada Pemiliknya? Sungguh. Sungguh kita tidak pernah tahu. Hanya saja, waktu itu pasti akan datang dan kita pun mengalaminya. Ya Allah… bimbing kami dalam melanjutkan perjalanan di dunia ini. Berikan kami kelapangan jiwa dalam menghadapi berbagai situasi. Longgarkan ia hingga kami dapat tersenyum di ruangnya yang luas. Percantik bunga-bunga di taman jiwa kami, hingga kami bergiat menatanya lagi. Karena kami suka bersamanya dan bersama-Mu didalamnya. Ya, Engkau Yang Maha Menguasai nya.

Berulang kali ekspresi pada wajah-wajah kami. Begitu cepat ia berubah dan membuat kami bertanya. Ya, pertanyaan yang tentu dan pasti ada jawabannya. Jawaban yang akhirnya mensenyumkan kami lagi. Karena akhirnya kami menyadari bahwa, sumber ekspresi adalah dari taman jiwa, di kebun hati kami. Hai… sedangkan kami sering tidak tahu, bagaimana kondisi terakhirnya? Jika saja kami lupa kepada Penggenggamnya, Pemiliknya. Maka. Apa daya yang mampu kami upaya dalam situasi yang sama?

Tiada.
Ya.
Kami tidak berdaya dan berupaya, tanpa izin dan pertolongan-Nya Yang Maha Melembutkan hati, sehingga menatanya lagi adalah usaha kami.

Hati. Ia gampang berbolakbalik. Ia mudah berubah. Sangat gemar bertukar ekspresi. Hi! Hingga menebar pada wajah, membekas pada rupa. Aha? Mau percaya? Mau membukti?

Saat engkau gak enak hati, cobalah mengaca. Maka rupa ekspresi wajahmu akan berbeda dibandingkan saat engkau bersuka. Ya, coba saja perhatikan. Betul. Akan terlihat dari raut wajah pun ekspresimu. Perhatikanlah benar-benar. Termasuk saat engkau sedang serius dan dalam kondisi santai. Maka akan ada perbedaan mimik wajahmu. Ah. Tentang hal ini, aku bukanlah seorang ahli. Namun ku belajar untuk memahami. Begitulah.

Dalam keseharian, kita akan berinteraksi dengan beraneka ekspresi, bukan? Terlebih kalau aktivitas kita adalah terhubung langsung dengan orang lain. Maka, di sanalah ada kesempatan belajar. Belajar mengenali, memahami dan mengerti.

Aku. Aku bukanlah ahli dalam membaca wajah. Namun ku berusaha mengerti. Ku upaya memahami. Hai. Ini adalah aktivitas yang menarik dan menyenangkan, teman. Terlebih saat dalam sebuah situasi, kita berhadapan langsung dengan ekspresi. Sungguh. Sungguh menginspirasi. Menginspirasi diri untuk tidak menampakkan ekspresi yang sama, kalau ternyata kita tidak menyukainya. Dan sebaliknya, kita dapat meniru ekspresi yang ada di hadapan, kalau kita suka. Ya. Ini adalah latihan memahami, sekaligus meneladani. Belajar lagi dan lagi, mariiii.😀

Hari ke hari. Memang demikian adanya. Setiap wajah dan ekspresi yang ku pandangi, memang dinamis dan terus berubah. Ya, karena keadaan hati si pemilik ekspresi yang berbolak balik, tentunya. Inilah salah satu penyebabnya. Hm… That is insane. Like as me and I. []

***

"Selamat melanjutkan aktivitas penuh semangat dan semoga sukses selalu, yaa. Sampai berjumpa lagi di hari esok bertabur senyuman lebih cerah nan indah. Aamiin ya rabbal’alamiin…"
🙂🙂🙂

Keep Istiqamah & Salam Ukhuwah,
~My Surya~

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s