Ha. Pagi ini inspirasi dengan tema komunikasi. Komunikasi itu unik, pesan inti yang disampaikan oleh pemateri pada kami. Mengapa komunikasi unik? Mari kita cek. Cek. Cek.

Komunikasi adalah proses menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan dengan menggunakan perantara. Komunikasi menjadi unik karena dalam proses menyampaikan pesan perlu jelas. Sehiggga apa yang ingin disampaikan oleh pemberi pesan dapat sampai ke penerima pesan dengan utuh. Lalu keunikan komunikasi terletak pada segi apakah?

Komunikasi menjadi demikian unik karena terkadang cara penyampaian pesan kurang pas. Sehingga apa yang dimaksud oleh penyampai pesan tidak dapat diterima dengan sempurna oleh penerima pesan. Oleh karena itu, dalam berkomunikasi perlu adanya kejelasan sampai akhirnya penerima pesan memahami. Karena dalam berkomunikasi, kita berhadapan dengan orang lain yang mempunyai pikiran tak sama dengan kita. Maka, apabila kita ingin keunikan komunikasi ini dapat tertemukan, maka belajarlah berkomunikasi. Pahamilah inti dari komunikasi dan berkomunikasilah.

Dalam kesempatan saat ini, aku ingin belajar berkomunikasi. Aku mau berlatih mengkomunikasikan. Sampai aku menemukan kenyataan bahwa apa yang aku sampaikan dapat diterima oleh komunikan dengan baik.

Baiklah. Tema yang ingin aku komunikasikan adalah tentang rangkaian aktivitas. Ya. Aktivitas yang aku lakukan semenjak pagi hingga sore hari tadi. Aktivitas yang tentu saja berlangsung di sela waktu rehat, pun saat menemukan inspirasi.

Seharian tadi, ada beberapa titik ide yang mengajakku ingin mengkomunikasikannya. Adapun diantara ide tersebut adalah tentang memanfaatkan waktu luang.

Waktu luang. Kapankah waktu luang terbanyak yang kita miliki? Lalu berapa lamakah waktu luang tersebut dapat benar-benar kita namakan luang? Ah… Aku berpikir bahwa waktu luang tidak dapat tertebak. Kapan? Berapa lama? Aku belum sempurna mengetahui tentang hal ini. Sehingga beberapa saat setelah mengetahui ketidaktahuanku ini, maka aku akan mencari tahu. Segera. Tentang waktu luang.

Pada umumnya, dalam banyak waktu yang kita miliki sehari-hari, sangat jarang kita bertemu dengan waktu luang, bukan? Karena hampir seluruh waktu kita sudah mempunyai agendanya masing-masing. Waktu yang tidak akan pernah terluang. Kecuali kita mau meluangkan waktu diantara banyak aktivitas kita. Begitulah cara menemukan waktu luang yang lebih banyak.

Dalam waktu-waktu luang, ada aktivitas-aktivitas yang dapat kita lakukan. Apakah aktivitas tersebut kita sukai ataupun tidak. Maka sebisa mungkin, manfaatkan dan gunakanlah waktu luang kita dengan aktivitas produktif. Ya, aktivitas yang mengajak kita untuk menikmatinya. Waktu-waktu yang singkat, mungkin. Namun ia tidak akan pernah kembali lagi. Waktu yang benar-benar luang atau kita meluangkan waktu.

Tentang waktu luang, tentang komunikasi. Kehadirannya dalam kehidupan kita hanya sebentar. Maka kalau kita kurang tepat dalam menggunakannya, maka kita tidak akan pernah bertemu lagi dengan ia yang sama. Karena kita akan terus bergerak dan bertemu dengan yang selanjutnya. Oleh karena itu, apabila kita ingin efektif dalam memanfaatkan waktu luang, pikirkanlah hal berguna dan bermanfaat yang dapat kita lakukan bersamanya. Begitu pula dengan komunikasi. Apabila kita ingin menjadi lebih baik dalam berkomunikasi, maka belajarlah dan tangkaplah moment-moment penting yang dapat menjadi jalan bagi kita untuk belajar berkomunikasi. Lalu praktikkanlah. Lalu berkomunikasilah. Lalu sampaikanlah informasi yang ingin kita sampaikan pada moment tersebut. Sehingga dengan seringnya kita berlatih, insya Allah kita akan terlatih dan mahir. Karena keterampilan berkomunikasi ternyata dapat kita pelajari, kalau kita mau.

Aku pernah membaca sebuah pesan tentang komunikasi yang intinya adalah, mereka yang baik dalam berkomunikasi adalah orang-orang yang beruntung. Mengapa beruntung? Karena ia kaya dengan kemampuan berkomunikasinya yang baik. Ia bahagia dengan keterampilan berkomunikasinya yang terlatih. Sehingga informasi yang ia sampaikan dapat diterima oleh yang berkepentingan, dengan baik.

Kesuksesan kita dalam berkomunikasi adalah sangat erat hubungannya dengan kemauan kita untuk terhubung dengan orang lain. Ya, karena inti dari komunikasi adalah saling memberikan informasi. Nah, komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila ada feedback dari penerima informasi. Baik berupa feedback positif maupun sebaliknya. Karena setelah kita memperoleh feedback, di saat itulah kita perlu mengkaji ulang. Apakah cara berkomunikasi kita sudah efektif yang sesuai dengan tanggapan dari penerima informasi?

Tentang komunikasi dan keterampilannya, sampai saat ini aku masih berjuang untuk menjadi lebih baik. Berjuang dengan berlatih. Berlatih mengeluarkan pendapat, misalnya. Berjuang menyusun kalimat, contohnya. Karena dengan demikian, aku sedang meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Akhir-akhir ini, banyak sarana yang aku gunakan untuk berlatih berkomunikasi. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan keadaan di sekitar, lalu merangkainya dalam kalimat. Karena aku sangat ingin memaparkan apa yang aku pikirkan kapanpun dalam kesempatan terbaik di antara waktu luang. Sehingga aku pun tahu cara pandangku terhadapnya. Lalu menjadilah ia sebagai informasi yang ku komunikasikan.

Ai! Semoga lancar dalam prosesnya, mudah menyampaikannya, terterima dengan baik oleh penerima. Aamiin.

***

"Selamat melanjutkan aktivitas penuh semangat dan semoga sukses selalu, yaa. Sampai berjumpa lagi di hari esok bertabur senyuman lebih cerah nan indah. Aamiin ya rabbal’alamiin…"
🙂🙂🙂

Keep Istiqamah & Salam Ukhuwah,
~My Surya~

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s