Allah mempertemukan kita dengan masalah, bukan tanpa makna. Namun pasti ada hikmah disebaliknya untuk kita. Supaya kita masih mau menatap ke langit dan mengingatNya, segera. Karena hanya Dia Yang Maha Esa, Sangat Dekat dan Maha Besar, bukan masalah. Oleh karena itu, saat engkau bertemu dengan masalah yang mungkin membuatmu lela-h. Maka teruslah melangkah. Yah, melangkah lagi dan ingat tujuanmu.

Penuh konsentrasi dalam menghadapinya, insya Allah dapat membuka pikiran, mencerahkan hati dan menenangkan diri ketika kita dalam masa-lah. Karena sebesar apapun masa-lah yang kita hadapi, pasti ada hikmahnya. Hanya saja, maukah kita menemukan hikmah tersebut? Ya, hikmah yang tersembunyi di balik masa-lah yang sedang kita hadapi. Hikmah yang untuk menemukannya memang tidak mudah. Namun memerlukan kerelaan hati dan keluasan jiwa. Teruslah melangkah dan konsentrasilah.

Terkadang. Saat kita berhadapan dengan masa-lah. Kita merunduk dan terduduk lalu terdiam dan lem-ah. Seperti seorang yang sedang duduk seraya memegang kepalanya dan menempelkan siku di kedua paha. Begini bayanganku tentang seorang yang sedang menghadapi masalah. Ia terlihat sun-tuk, dan tidak menemukan pencerahan sama sekali. Hingga akhirnya terduduk dan untuk sekian lama berdiam tanpa pergerakan. Sedangkan yang ada di dalam pikirannya, entah apa. Mungkin semrawu-tan dan tidak karu-karuan. Keadaan tersebut yang ia alami, teman. Seorang yang tidak kenal keadaan dan bisa terbawa keadaan. Bahkan untuk mengingat dirinya sendiri pun ia tidak kuasa. Sungguh nel-angsa sangat tragis keadaan yang demikian. Bisa kelamaan menemukan jalan tak baik, bun-uh diri atau meminum minuman keras, atau ke tempat-tempat terlarang, misalnya. Ah… Sungguh kasihan yang demikian.

Namun engkau dan dirimu, teman bukan demikian. Karena engkau adalah pribadi yang beriman yang percaya kepada Tuhan. Allah membukakan jalan kemudahan setelah kesukaran, selalu. Maka yakin dan percayalah. Saat satu pintu tertutup, maka pintu lain sedang menanti untuk kau kunjungi. Melangkahlah lagi… dan temukan solusi. Karena hidup adalah perjuangan mewujudkan visi.

Gigih.
Teguh.
Berani.
Berusaha optimal.
Semangat.
Senyum.
Hadapi hidup ini. Karena Allah menciptakan segalanya berpasangan. Ada mentari setelah mendung. Ada kemudahan dibalik kesukaran.

"Selamat melanjutkan aktivitas penuh semangat dan semoga sukses selalu, yaa. Sampai berjumpa lagi di hari esok bertabur senyuman lebih cerah nan indah. Aamiin ya rabbal’alamiin…"
🙂🙂🙂

Keep Istiqamah & Salam Ukhuwah,
~My Surya~

"Selamat melanjutkan aktivitas penuh semangat dan semoga sukses selalu, yaa. Sampai berjumpa lagi di hari esok bertabur senyuman lebih cerah nan indah. Aamiin ya rabbal’alamiin…"
🙂🙂🙂

Keep Istiqamah & Salam Ukhuwah,
~My Surya~

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s