"Kewen, gitu lhoo…" ungkap Aa Faiq pertama kali sesi foto bareng kami. Lalu pada sesi berikutnya, Aa Faiq bilang lagi kalimat yang sama.

"Kewen gitu lhoo," ungkap bocah cerdas yang mengaku berusia 4 (empat) tahun ini.

***

Kalimat-kalimat yang diucapkan Aa Faiq tersebut sempat menyita perhatianku beberapa saat. Ya, seraya bertanya, "Apa maksudnya?" Pertanyaan yang membuat aku berpikir dan berpikir, apakah yang diucapkan bocah berkaos merah ini. Aa Faiq yang mengungkapkan Kewen gitu lho, seraya memasang gaya khas, dua jari membentuk huruf V (Jempol dan Telunjuk), kemudian menyimpannya di depan dagu agak ke bawah sedikit. Selanjutnya ia tersenyum dan tertawa renyah. Senyuman yang khas dan unik. Senyuman yang membuat ku tersenyum lagi saat menyaksikannya. Senyuman yang secara tidak langsung mengajakku untuk melakukan hal yang sama. Tersenyum.🙂

Aa Faiq adalah salah seorang ponakan dari saudaraku di kota ini. Dan pada suatu kesempatan, tepatnya hari Sabtu lalu, kami memperoleh kesempatan silaturrahim ke kediaman beliau di Garut. Hohoo. Asyiknya perjalanan dari Bandung ke Garut. Kami berangkat dari Bandung sekitar pukul setengah tujuh pagi. Perjalanan yang membawa kami mendekat ke alam nan masih segar adanya. Perjalanan yang penuh dengan senyuman. Senyuman karena akhirnya aku berjumpa dengan beliau-beliau yang tidak pernah ku bayangkan sebelumnya bahwa kami akan berjumpa pada suatu hari. Termasuk dengan Aa Faiq. Ya. Belum pernah aku menyangka akan bertemu dengan nya. Pertemuan singkat yang berkesan bagiku, khususnya.

Beberapa orang berikutnya yang ku temui adalah keluarga yang sedang berbahagia dan keluarga penuh kebahagiaan. Ada senyuman yang menghiasi wajah-wajah kedua mempelai, pun kedua orang tua yang tersenyum anggun. Sungguh, pemandangan yang sudah sangat sering aku menyaksikannya dalam waktu-waktu terakhir. Senyuman bahagia keluarga baru. Senyuman bahagia para tamu undangan, pun kebahagiaan tanam-tanaman yang saling bersenyuman. Ku melihat, seluruh alam merasakan kebahagiaan, termasuk mentari pun tersenyum.

Cerah cuaca alam hari ini, mulai berkurang. Seiring dengan pemandangan nun di kejauhan. Ya, di ujung sana awan gemawan mulai berarak mendekat. Sedangkan semilir angin pun bersusulan saling mendahului. Sehingga hanya sejuk yang tersisa, menerpa raga, pikir, dan relung hati kami. Nuansa penuh kedamaian pun tercipta seketika. Nuansa yang selama ini terlihat jauh di mata. Bahkan kami belum pernah membayangkannya. Ya, pertemuan ini penuh kenangan. Pertemuan lagi dengan kota Garut yang alamnya mempesona pandangan. Esok, lusa, atau beberapa tahun kemudian, aku ingin kembali menempuh perjalanan di alam nya. Perjalanan untuk mengukir senyuman yang lebih indah. Perjalanan penuh syukur berlimpah kesabaran. Perjalanan ini, dalam rangka memenuhi undangan pernikahan. Olalaa… sangat menyenangkan. Lalu, siapa kah lagi yang akan menyelenggarakan resepsi pernikahan, di antara teman-teman seperjalanan? Jangan lupa ‘ngundang, yaa.😀

Perjalanan ke kota Garut, mengingatkanku pada seorang teman. Teman baik seperjalanan. Teman cantik penuh senyuman. Teman unik tidak terbandingkan. Teman yang pernah menjadi tetanggaku di kota ini. Teman yang sering mengingatkanku tentang memahami kehidupan. Teman yang bersama beliau, aku belajar menikmati keadaan. Teman yang kini jauh di mata, apakabar Siti? Siti adalah nama beliau. Siti yang tinggal di Limbangan. Ya.

***

"Selamat melanjutkan aktivitas penuh semangat dan semoga sukses selalu, yaa. Sampai berjumpa lagi di hari esok bertabur senyuman lebih cerah nan indah. Aamiin ya rabbal’alamiin…"
🙂🙂🙂

Keep Istiqamah & Salam Ukhuwah,
~My Surya~

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s