Ku tulis :

Untuk saudariku yang saat ini sedang bersedih atau terharu kah?

Berbahagialah bersama tetes airmata yang membanjir di pipimu.

Bahagialah bersama kelegaan yang engkau rasakan sejenak setelah bulir-bulir bening permata kehidupan itu meluruh setetes demi setetes. Ia yang jatuh berderai membasahi sajadah lembut dalam rangkain sujudmu yang panjang.

Ai!
Aku tersentuh, aku terenyuh. Saat menyaksikan guncangan pada pundakmu. Pundak yang keseluruhnya tenggelam oleh jilbabmu yang panjang dan rapi. Guncangan yang diselingin dengan isak tertahan.

"Umi, Umi, Umii…"

Terdengar olehku suara panggilan dari seorang gadis balita dari bibir mungilnya. Ia berlari mendekatimu yang kemudian khusyu’ dalam doa.

"Umi, mari kita pulang," seraya merajuk, sang gadis kecil mendekatimu. Kemudian untuk beberapa saat ia terdiam seraya memandangimu. Sepertinya ia tidak mengerti, mengapa Umi menangis. Sama halnya dengan aku, yang hanya dapat menyaksikan engkau wahai saudariku. Dari kejauhan, ku tangkap pesan dari gerak-gerikmu. Mungkin ada yang sedang engkau alami. Sehingga engkau terisak, tadi.


"Umi, udah pake kacamata?," sebuah tanya berikutnya pun terlontar dari bibir mungilnya, untukmu wahai saudariku. Suara kecil yang tidak sedang memperhatikanmu karena ia telah berjarak darimu. Beberapa saat setelah ia mendekatimu, tadi.

"Udah," begini engkau menjawab, seraya bangkit dan kemudian berlalu.

<<<<< Lokasi; Di dalam Masjid Pusdai malam ini >>>>>

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s