English: Jika kami bersama
English: Jika kami bersama (Photo credit: Wikipedia)

Aku adalah seorang perempuan yang terbiasa memperoleh perlakuan terbaik dari laki-laki yang berada di sekitarku. Karena aku berada di antara laki-laki yang tidak memintaku untuk berjalan di depannya, tidak pula memintaku untuk melangkah di belakangnya. Namun aku berada di antara laki-laki yang memberikan kesempatan kepadaku untuk melangkah di sampingnya, ketika kami sedang melangkah di jalan yang sama.

Silakan duluan,” begini salah seorang laki-laki membisikiku, ketika pada suatu waktu kami berencana untuk melakukan aktivitas secara bersamaan. Ketika akan turun dari angkutan umum, misalnya.

Jangan tertawa-tawa sendiri di jalan, seorang laki-laki lainnya mengingatkanku.”  Ketika ia mendapatiku sedang asyik dengan alat komunikasi yang membuatku segera melemparkan senyuman diselingi suara, ketika sedang melangkah.

Jalannya di pinggir-pinggir yaa,” tambah laki-laki berikutnya, saat aku sedang melangkah dan sudah keluar dari jalur pejalan kaki.

Oh, kamu saja yang duluan yaa, nanti kemalaman di jalan,” dengan nada suara yang aku rasa melindungi, perlakuan ini pun aku terima pada suatu hari. Ketika kami sama-sama berada di luar kota. Dan kendaraan yang akan kami tumpangi mampu menampung (hanya) satu orang lagi. Padahal pada hari yang sama adalah hari pertama kami berkenalan. Dan belum sampai hitungan dua belas jam kebersamaan. Hmmm.

Mari kita makan dulu,” ajak laki-laki lainnya, saat jam makan siang sudah menjelang.

Beberapa kalimat di atas adalah gambaran sikap laki-laki yang penuh kepedulian, pikirku. Sedangkan pada kesempatan lainnya, ketika aku bertanya, laki-laki lainnya segera memberikan jawaban yang membuatku tidak bertanya lagi. Karena jawaban yang ia berikan telah mewakili seluruh jawaban yang aku inginkan.  Dan pernah juga aku ditraktir makan-makan, digratisin ongkos sekali perjalanan. Ai! Terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik. Karena engkau menjadi jalan bagiku ku untuk dapat merasakan bahagia dan senang, pada beberapa waktu dalam hidupku.

Namun kini, kami belum lagi dapat menjalani kebersamaan.  Karena ‘mungkin’ kami belum pantas untuk bersama. Dan pikirku, semua kebersamaan kami yang lalu hanya intermezzo, penghias cerita dalam perjalanan kehidupan.  Dan semua itu aku jadikan sebagai pengalaman, pengetahuan, pun jalan hadirkan ingatan terhadap beliau-beliau, laki-laki terbaik yang aku kenal baik. Semoga, kebaikan beliau mengalir seperti air di sungai yang jernih. Hingga sesiapa saja yang berada di sekitar beliau dapat merasakan kesejukan seperti yang aku alami. Semoga perhatian beliau seperti semburat sinar mentari yang tanpa jeda. Walaupun hanya dapat terasa, semoga selalu ada. Aamiin ya Rabbal’alamiin.

Bagi laki-laki terbaik yang belum bertemu jodoh, semoga segera dipertemukan dengan jodoh beliau. Sedangkan bagi yang telah berjumpa dan bersama dengan pendamping beliau, dalam harapku, kebersamaan yang beliau bina hingga kelak di surga-Nya. Dan ketika itu, kami kembali bereuni.

Hari-hari akan berlalu seiring dengan menepinya mentari di ufuk barat.
Begitu pula dengan harapan, ia akan kembali terbit, seperti mentari di ufuk timur yang hadir setiap pagi.
Dan laki-laki yang menjadi bagian dari hari-hariku, adalah mentari pagi dan sore hari. Beliau ada, walau jauh di sana. Karena kini, kami sedang tidak bersama.

Aku bahagia, karena dalam kebersamaan kami, aku menjadi seperti ratu. Hu um. Thank you brother.  Engkau berharga bagiku. Karena engkau menghargaiku dan begitu pula aku. Aku menghargaimu.

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s