Aku menunda keinginan untuk jalan-jalan, padahal ada kesempatan. Walaupun sudah ku bulatkan tekad sebelumnya untuk mengambil kesempatan tersebut. Akan tetapi, kini aku berubah pikiran. Ya, hatiku berkata, bahwa "Aku harus jujur pada diriku sendiri. Aku harus jujur pada beliau-beliau yang aku mintai izin. Aku harus jujur dalam berbagai hal, semenjak saat ini." Karena aku telah mencanangkan, untuk merubah diriku, semenjak saat ini. Karena aku ingin berubah dan menjadi lebih baik lagi. So, keinginanku mungkin bukan kebutuhan, untuk saat ini. Dan menurutku waktunya belum tepat, saja. Sehingga aku yakin untuk membatalkan rencana jalan-jalan yang sudah dijadualkan tanggal 18 – 21 Oktober 2013 ke Malang. Oh, ada sedikit sesal? Aku rasa iya. Karena kesempatan tersebut adalah akan menjadi pengalaman pertamaku dengan alat transportasi kereta api. Xixii😀 But tak apalah. Karena masih ada hal penting lain yang perlu aku jalani untuk saat ini. Dan aku yakin, kesempatan terbaik akan datang dan aku dapat jalan-jalan untuk refreshing.

Aku, menunda ke Malang dengan kereta api. Sehingga semenjak saat ini hingga menjadi kenyataan nanti, ia masih mimpi. Dan kapankah ia akan menjadi kenyataan.. I don’t know, too.

Aku menunda keinginan untuk jalan-jalan di dunia nyata, memang. Bahkan hampir dalam banyak kesempatan. Namun aku tidak akan menunda keinginan untuk sekadar cuci-cuci mata di dunia maya, dalam berbagai kesempatan yang aku punya. Ai. Karena dengan begini, aku tidak perlu berpanas-panas di bawah terik mentari, untuk dapat melihat pemandangan yang menghampar di depan sana. Pemandangan-pemandangan yang selama ini hanya dapat aku bayangkan saja. Namun kini, hanya dengan beberapa rupiah untuk sewa koneksi internet dan meluangkan waktu, saja, aku dapat menikmatinya dengan segera. Ah, selalu ada jalan kalau kita mau melangkah, bukan?

Aku menunda ke Malang, namun tidak menunda keberuntungan. Karena dalam yakinku, keberuntungan itu sangat dekat, tidak sejauh Malang yang akan ku jelang.

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

