September 2013 sunset-1=
September 2013 sunset-1= (Photo credit: Sheba_Also)

Ada beberapa kementerian yang membuka lowongan CPNS tahun 2013 ini. Untuk informasi lebih jelas, tentang rincian kementerian-kementerian tersebut, aku memperoleh informasi dari salah satu situs berikut . Di antara banyak, ada salah satu kementerian yang aku minati yaitu Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Sebelumnya, informasi bahwa Kementerian Keuangan Republik Indonesia sedang membuka lowongan CPNS aku peroleh dari seorang teman satu kostan yaitu Kak Yuli. Beliau menginformasikan kepadaku dengan senang hati. Di tambah lagi karena pada tahun ini, aku merupakan seorang fresh graduate dari sebuah lembaga pendidikan swasta di kota Bandung. Ya, beruntungnya aku memiliki kesempatan untuk ikut serta dan berpartisipasi. Aku senang, sekaligus penasaran, akankah aku dapat lolos hingga akhir nanti? Wallaahu a’lam bish shawab. Aku tidak tahu sepenuhnya, namun aku ingin tahu. Aku ingin menjadi lebih baik lagi. Dan semoga jalan ini menjadi sarana bagiku dalam melanjutkan perjalanan kehidupan berikutnya.

Setelah mendapatkan informasi, langkah selanjutnya, aku pun mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Bermula dari registrasi secara online dengan jadual yang telah berlangsung sejak tanggal 6 hingga 20 September 2013. Dan aku mendaftar pada tanggal 6 September 2013 -nya. Adapun informasi lulus seleksi administrasi telah ditayangkan, kemarin. Hasilnya? Aku lolos, Alhamdulillah.

Dan saat ini, aku sedang menunggu informasi untuk proses selanjutnya.  Bagaimana perasaanku saat ini?

Enjoy, tentu saja. Senang dan aku bahagia. Karena menjadi bagian dari berpuluh bahkan hingga ratusan ribu peserta yang ikut berpartisipasi. Bayangkan saja, dari pendaftar yang memilih lokasi test di kota Jakarta saja, totalnya sudah mencapai 24.594 teman-teman pendaftar. Ai! Sungguh banyak nyo lai. Belum lagi yang mendaftar untuk test di kota-kota lainnya. Aaaaa… hahaa. 😀 Baiklah. Akhirnya dengan semua ini, aku dapat tersenyum (lagi) hari ini.

Semenjak pendaftaran, hingga pengumuman lolos seleksi administrasi di Kementerian Keuangan Republik Indonesia, aku menyempatkan untuk mendaftar pada beberapa kementerian lainnya. Adapun pilihan lainnya yang aku ambil yaitu pada:

  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan lokasi peminatan di Bandung, pada tanggal 11 September 2013 dan pengumuman lolos seleksi administrasi adalah pada tanggal 5 Oktober 2013, nanti.  Untuk selanjutnya, semoga lolos seleksi awal ini, amiin.
  • Kementerian Koperasi dan UKM, aku baru daftar kemarin tanggal 25 September 2013. Yang hasilnya akan ditayangkan pada tanggal 1 Oktober 2013 mendatang. Selanjutnya adalah… ?
  • Kementerian Kehutanan. Aku daftar pada tanggal 22 September 2013, beberapa hari sebelum penutupan. Karena aku baru tahu. Hohoo.  Untuk Kementerian Kehutanan, setelah melakukan registrasi secara online, pendaftar perlu mengirimkan beberapa hardcopy dokumen yang dipersyaratkan. Dan dokumen tersebut aku kirimkan keesokan harinya. Cihhyaaaa, dan udah nyampe tujuan dengan selamat, satu hari kemudian. Terima kasih kepada POS INDONESIA yang menjadi sarana pengiriman. Aku senang karena pegawai pos baik dan ramah.  Selain itu, ada juga
  • BAPPENAS. Aku daftar di Bappenas karena aku mau.

Setelah usaha, akan ada hasil. Dan apapun hasilnya kelak, merupakan yang terbaik.

Aku yakin dan percaya.

Mohon doanya yaa Mentari, karena aku berminat menjadi CPNS sejak lama.

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

