INDONESIA logo
INDONESIA logo (Photo credit: Wikipedia)

Sayup-sayup terdengar suara dari kejauhan. Suara-suara melalui mikropon dan tidak biasanya. Dan itu sungguh asing bagiku. Karena suara-suara tersebut ada pada malam hari. Semalam, lebih tepatnya. Ketika itu, aku sedang duduk sendiri di dalam sebuah ruangan. Sepi, sunyi, dan tiada suara lain yang terdengar kecuali suara-suara dari kejauhan, tadi. Hingga lebih dari pukul sepuluh malam, suara-suara tersebut masih terdengar. Suara apakah itu?

Lamat-lamat aku menyimak. Dan menerka-nerka sumber suara berasal. Namun untuk beberapa lama, aku tidak dapat mengetahui dari arah manakah suara-suara tersebut datang? Hingga akhirnya, beberapa waktu berikutnya, aku pun tersadar. Bahwa aku sedang bertempat tinggal di sekitar makam pahlawan Cikutra. Dan suara-suara tersebut berasal dari sana. Suara yang penuh dengan ketegasan, lama-lama menjadi jelas dan aku pun memahami. Bahwa sedang ada acara di lokasi, rupanya.

Aku tidak dapat mengunjungi lokasi pada saat bersamaan, karena memang sudah malam. Dan hanya dari kejauhan aku menghayati benar-benar, seraya menerka, ada acara apakah di taman makam pahlawan Cikutra pada malam tadi? Sepertinya ada pelatihan atau upacara, bisik pikirku menenangkanku. Sehingga aku pun segera melanjutkan aktivitas lagi, yang sebelumnya sempat tertunda.

Dan saat ini, malam lagi. Aku sedang duduk-duduk. Bersama tiga ekor sahabatku akhir-akhir ini. Mereka adalah Catchy, Beojin, dan Bonchu. Tiga ekor kucing yang bulu-bulunya belang tiga warna. Ahaaa… semuanya menjadi temanku, saat para teman di kostan sedang mudik. Sungguh, episode kehidupan yang perlu aku abadikan, nich. Xixii.

Hampir sama seperti malam tadi, malam ini pun aku masih mendengarkan suara-suara. Namun suara tersebut bukan berasal dari pengeras suara. Akan tetapi berasal dari letusan kembang api yang beterbangan dan usai di udara. Ramaiii sekali.

Pertama-tama satu-satu aja. Namun lama-lama, makin banyak dan berulang kali. Akibatnya, suara letusan kembang api tersebut, sempat mengusik ketenangan tiga sahabatku yang sedang dinner. Ketika aku memperhatikan tadi, sempat ku lihat Beojin mengeong seraya sembunyi. Sepertinya ia kaget! Saat ada satu letusan kembang api yang keras sekali bunyinya. Begitu pula dengan Catchy, ia yang sedang makan juga, sempat menghentikan acara makannya sejenak, lalu menunduk mendekati Beojin yang telah lebih dahulu menghadapkan wajahnya ke arah dinding. Sedangkan Bonchu, segera berlari ke lantai dua, lalu duduk manis di keset. Menyaksikan kejadian seperti tadi, aku menjadi kasihan pada mereka semua. Sungguh mereka terusik. Aii… please, dech.

Namun sabarlah wahai sahabat-sahabatku, kembang api-kembang api ini tidak selamanya berbunyi, bukan? So, tetap tenang, yaa… bisikku di dalam hati, terhadap mereka bertiga. Seraya memandangi mereka satu persatu. Sungguh-sungguh pemandangan yang membuatku segera berlari ke sini, lalu merangkai baris-baris kalimat untuk ku suarakan dalam tulisan. Sebagai salah satu pesan, tentang hari ini.

Sejenak aku kembali merenungi. Di sela-sela waktu menyaksikan kembang api yang melebur di udara. Ternyata sangat jarang sekali aku menyaksikan pemandangan seperti ini, directly. Karena seingatku, pernah ada, dulu, sekali dua kali, bersama teman-teman lainnya di kostan. Kami menyaksikan kembang api tapi dari kejauhan. Pada sesi pergantian tahun Masehi, dua dan tiga tahun yang lalu. Dan suara-suara kembang api yang meletus, sungguh ramai. Aku senang aja mendengarkannya. Karena aku menyadari, bahwa moment ini jarang-jarang terjadi. So, I enjoy my time, now. Seraya aku belajar memetik pesan, hikmah dan bahan pelajaran bersamanya.

And how about perayaan tujuh belasan arround you, friend? Then what is your memorable experience on Saturday, 17th of August 2013?

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s