English: The island of Kita Iwojima (Kita-Iōtō...
English: The island of Kita Iwojima (Kita-Iōtō), Volcano Islands, Japan – viewed from Ogasawara-maru. (Photo credit: Wikipedia)

Jikalau kita hanya menyibukkan diri dengan meneliti serta menemukan kesalahan-kesalahan pada makhluk, maka kita tentu menjadi orang yang paling bahagia, kiranya. Karena kesibukkan kita tidak sia-sia. Karena kesibukkan kita ternyata memberikan kita satu kejutan bahwa, ternyata kita bertemu banyak banget kesalahan pada makhluk. Sedangkan kalau kita menyibukkan diri dalam mencari kesalahan diri kita, maka tentu kita akan menjadi orang yang paling sedih, tentunya. Ya, kita bersedih, kita menunduk, kita menekur kepala, seraya menatap tanah. Dan tidak mampu lagi kita mengangkatnya, walau hanya untuk memandang sekeliling. Karena kita ternyata mempunyai salah yang lebih banyak lagi. Ha..??

Tanpa kita sadari, mungkin kita berbuat salah, satu atau dua bahkan tiga dan banyak lagi kesalahan-kesalahan kita. Kesalahan demi kesalahan yang baru kita sadari setelah ia berlalu dari hari ini yang sedang kita jalani. Dan kita terkadang baru sadar sendiri, setelah menelusuri lagi, lembaran hari kemarin. Atau? Ternyata kesalahan kita tertemukan oleh orang lain, bisa saja. Dan kita pun menyadari setelah lama.

Selama kita masih ada di dunia, tidak pernah tidak, ada-ada saja salah dan khilaf yang menyapa atau kita sapa. Adaaaa ada saja. Ya, kesalahan yang hadirnya tidak pernah kita pinta walaupun dengan sepatah kata. Namun ia datang untuk menghampiri kita. Tanpa senyuman apalagi kebahagiaan. Karena ia hadir untuk mewarnai hari ini yang sedang kita jalani. Dan ia berpesan terhadap diri kita, untuk senantiasa dan sering meminta maaf atas salah yang terjadi. Pun kepada-Nya, kita memohon ampun dengan setulus dan sepenuh jiwa. Ya, kesalahan hadir untuk memesankan pada kita, bahwa kita perlu terus sadar diri dan menyadari diri ini.  Dan yang terlebih penting lagi adalah agar kita senantiasa ingat bahwa Ada yang tidak pernah salah ataupun khilaf.

Saat kita menyadari bahwa kita pernah salah, maka kesadaran tersebut semoga menjadi jalan bagi kita untuk terus mawas diri, mengintrospeksinya, kemudian mengingatkannya lagi dengan segera. Bahwa ia hanyalah hamba, hamba tempatnya salah dan khilaf.  Sedangkan apa saja kebenaran dan kebaikan, segera kita kembalikan kepada Sang Pemilik.

Kini, dari atas permukaan sebuah planet yang merupakan bagian dari planet-planet dan bintang-bintang yang bertaburan di jagat raya, aku sedang memandangi langit. Ya, langit yang penuh bintang, beraneka warnanya. Bintang gemintang yang  jumlahnya tiada terhingga itu, sedang mengedipkan matanya yang bersinar cemerlang, terhadapku. Sehingga membuat aku tersipu, malu.

Aku malu saat bintang gemintang memandangiku. Apalagi saat menyadari bahwa aku punya banyak kesalahan.

Sehingga ketika aku akan menyampaikan kesalahan makhluk, maka aku malu dan aku segera teringat akan diriku. Maka tolong ingatkan aku, apabila aku terbincangkan tentang kesalahan makhluk, padahal tidak semestinya aku begitu. Karena aku pun demikian adanya. Hanya saja karena aku belum menyadari diriku ketika itu.  Dan aku sangat berterima kasih padamu, karena engkau menjadi jalan yang menyelamatkanku.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al Hujurat [49]:6)

🙂😀🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s