Sehat tanpa Obat
Sehat tanpa Obat (Photo credit: nuansacendekia)

Hari ini mata aku panas. Seiring dengan munculnya kepanasan berikutnya dari anggota tubuhku yang lain. Dan aku sudah tahu pertanda apakah ini? Berarti aku akan mengalami sakit. Ya, seperti sebelum dan sebelumnya lagi, memang begini. Aku seringkali mengalami panas di kedua bola mata terlebih dahulu. Kemudian, seiring dengan bergulirnya waktu, mata yang panas tadi akan meneteskan bulir-bulir bening dengan mudahnya.

Padahal sesungguhnya aku tidak mau sakit. Berhubung aku ingin menjalani aktivitas dengan optimal dalam hari ini. Termasuk juga pada hari esok yang kalau Allah masih mengizinkan, aku ingin melihat mentari bersinar lebih awal. Oleh karena itu, aku mencoba mengusaha dengan cara yang sekiranya dapat mengembalikan kondisiku agar menjadi normal lagi.

Lalu, dalam menjalani kondisi seperti ini, apakah yang aku lakukan?

Berikut cuplikannya:

  1. Aku berpindah dari lokasi di mana aku berada semula. Maksudnya, begini: kalau aku sedang duduk, maka aku segera berdiri. Kalau sedang berdiri, maka aku langsung melangkah. Saat aku ternyata dalam perjalanan, maka aku pun menyaksikan sekeliling. Lalu, bagaimana kalau aku sedang terlelap? Hmm, aku akan segera bangkit. Intinya adalah, aku berganti posisi.
  2. Adapun proses berikutnya yang aku tempuh adalah bersegera meminum air putih. Karena, kepanasan bisa dinetralisir dengan air. Begitu, bukan? Nah! Ketika mata panas dan badan bersuhu tinggi dan aku sedang shaum, maka aku segera berwudu’. Karena dengan berwudu’ maka kita berjumpa dengan air yang sungguh sejuk dan menenteramkan raga. Sedangkan jiwa ini, ia akan damai seketika.
  3. Berikutnya adalah…? Aku pun melakukan aktivitas yang dapat membuat aku menjadi dan merasa lebih baik. Seperti saat ini. Aku langsung curhat di diari. Atau merangkai sebuah catatan tentang apa yang sedang aku alami. Karena dengan merangkai kata, aku merasa lebih baikan. Xixixii.
  4. Nah! Aktivitas yang ke-empat adalah: akupun menemui teman-teman dengan tersenyum. Dengan demikian aku mengalami nuansa yang berbeda dari sebelumnya. Walaupun ujung-ujungnya suhu tubuhku ternyata semakin meninggi adanya, bahkan lebih dari normal, namun perasaanku lebih ‘enjoy’. Dan aku menikmatinya.
  5. Tidak jarang aku menangis, saat mataku terasa panas. Menangis karena aku ingin kembali berjumpa dengan suhu tubuh yang normal.  Namun hingga saat ini, belum setetespun aku menitikkan airmata. Aha? Semoga catatan ini dapat menjadi salah satu terapi yang menyembuhkanku. Karena aku tidak ingin sakit. Aku ingin bugar dan segar.
  6. Sebisa mungkin, aku tidak mendekat, berdekat, atau mensenyumi matahari sebagaimana yang biasa aku lakukan dalam hari-hari. Karena dalam yakinku, saat menemuinya aku akan merasakan panas. Dan apakah yang akan terjadi kalau dalam kondisi suhu tubuh yang meninggi, aku bertaburan sinarnya?
  7. Aku ingin sampaikan pada matahari yang hari ini bersinar sungguh cemerlang, “Bahwa aku baik-baik saja saat ini. Semoga kita kembali jumpa esok hari, yaa. Tetaplah berseri di langit hati. Walaupun sekarang aku tidak muncul di bawah terangmu.”

Haaaaaaaaaaaaa.. leganya. Saat aku upaya mengungkapkan semua yang aku alami.  Dalam kondisi terlelap dan berpetualang di alam mimpi, seperti saat ini.  Sehingga beberapa pesan yang dapat ku petik adalah:

  • Sehat itu tidak hanya mimpi. Karena ia dapat hadir kalau kita berupaya menemuinya.
  • Ikhtiar perlu kita lakukan, dalam berbagai waktu dan kesempatan. Kalau hasilnya sesuai dengan keinginan, maka bersyukurlah serta bersabar jika hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan.
  • Yakinlah saat melakukan ikhtiar dan melengkapinya dengan berdoa.

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

