:D  Awal mula datang ke halaman ini, aku ingin cerita, berkisah, atau menitipkan sekelumit suara saja. Ya, suara yang apabila aku sampaikan dalam bentuk rangkaian tulisan, tentu akan membuatku kembali tersenyum atau tertawa pada saat membacanya lagi, semoga. Karena, halaman ini ku singgahi dengan satu alasan yang jelas. Karena aku baru saja jalan-jalan di dunia ini, dunia maya.

Dalam perjalanan yang sedang ku tempuh hingga saat ini, banyak hal yang membuatku ingin segera bersuara. Dan suara demi suara tersebut, membantuku dalam menyusun huruf demi huruf. Yes.

Menempuh perjalanan di sebuah negeri yang tak berwujud, kasat mata. Ai! Di dalamnya, aku seringkali nyasar-nyasar. Di mana-mana banyak persimpangan, siech. Jadinya, terkadang aku melangkah saja terus-terusan, tanpa tahu akibatnya. Hingga akhirnya, aku pun masuk ke sebuah lokasi yang membuatku segera berekspresi. Ekspresi yang lepas, dan aku mengenangnya sebagai sebuah pengalaman.

Di sini, di dunia ini, aku seringkali terkagum, terhadapmu…

Di sini, di dunia ini, aku belajar untuk merangkai senyuman, bersamamu…

Di sini, di dunia ini, aku bahkan tidak jarang menitikkan bulir bening permata kehidupan, karena beraneka kisah yang aku temui…

Di sini, di dunia ini, aku masih sedang, ingin dan terus melanjutkan perjalanan, di sampingmu…

Di sini, di dunia ini, walaupun engkau tidak menyadari kehadiranku, tidak mengapa…

Di sini, di dunia ini, meskipun aku belum mengerti arti hadirmu, semoga segera…

Karena di sini, di dunia ini, aku sungguh-sungguh belajar banyak hal, bersamamu, wahai sahabat…

Sahabat maya.

Beraneka kisah sedang kita cipta. Ada suka dan sebaliknya. Bermacam pula rupanya yang seringkali kita temui. Wajah-wajah yang sedang berekspresi di seberang sana, mengingatkanku pada ekspresi yang aku sampaikan pada beliau semua. Ketika aku senang dengan ekspresi yang penuh dengan senyuman, maka bagaimanakah dengan ekspresi ku? Aku seringkali menanya tentang hal ini, terhadap diriku terlebih dahulu. Sebelum aku meminta beliau tersenyum padaku.

Namun ternyata, hasil dari perjalanan pagi ini, aku menemukan wajah-wajah yang penuh dengan ekspresi lagi. Beliau berkisah bahwa senyuman memang seringkali menghiasi hari-hari beliau, pun sebaliknya. Dan aku seakan menemukan diriku di dalam beberapa baris kalimat yang beliau sampaikan dalam bentuk susunan huruf.

Dari suara-suara yang mengalun merdu, aku belajar untuk menyampaikan suara pula. Dan suara tersebut aku rangkai dalam bentuk catatan ini.

***

Apapun yang aku suarakan, tidak lebih dari sekadar jalan yang dapat menjadi jalan ingatlah aku lagi, pada beliau-beliau yang pernah aku temui di dalam perjalanan, di dunia ini. Dunia yang segala rupa ada di dalamnya. Dunia yang  dapat kita kunjungi dengan segera, kapanpun kita ingin mengunjunginya. Pun, berbagai belahan dunia ada di sini.

Ketika kita teringat untuk menemui para sahabat yang jauh di mata, maka kita dapat bersua di sini. Meskipun pertemuan kita di dunia ini, belumlah sesempurna kebersamaan di dunia yang sesungguhnya. But, tidak mengapa. Karena ia menjadi salah satu pengalaman penting bagi kita, yaa.

Tidak ada seorangpun ternyata, yang tidak pernah gagal dalam mencoba. Ya, bahkan beliau-beliau yang sudah sangat akrab dengan kegagalan, masih saja terus mencoba, berjuang, berusaha dan bergerak dengan segala kekuatan yang ada. Hingga akhirnya, perjuangan tersebut yang memperjuangkan beliau untuk layak menjadi seorang yang sukses di dalam kehidupannya.

Bagi kita yang sedang menempuh perjuangan, terkadang belum menyadari. Bahwa perjuangan yang sedang kita jalani hingga saat ini, tidak dapat disamakan dengan perjuangan yang telah berhasil kita lewati pada waktu-waktu yang telah berlalu. Dan perjuangan kita pada hari ini, perlu lebih sempurna lagi, yess…!

Di sini, di dunia ini, mengapa kita berjalan? Mengapa kita berjalan-jalan? Di dunia maya. Aha! Aku menjadi teringatkan dengan sebuah tujuan. Akankah perjalanan ini berlangsung begitu saja, tanpa ada makna yang dapat kita petik di setiap persimpangannya?

Sebagaimana halnya perjalanan di dalam kehidupan, tentu saja kita menemukan persimpangan pula di sini. Di dunia ini.

Beraneka jalur sedang membentang. Apabila terus saja kita bergerak tanpa tahu mengapa kita melangkah dan berjalan di sini, tentu kita akan tersibukkan dengan hal-hal yang sebenarnya tidak kita inginkan.

Bagiku, jalan-jalan di dunia ini, menjadi salah satu sarana untuk mencharger kembali ingatanku pada spirit yang terus menyala. Karena di sini, aku pernah berjumpa dengan beliau-beliau yang penuh dengan semangat dalam menjalani kehidupan. So, menempuh jalan-jalan yang beliau tempuh pula, adalah salah satu harapanku yang terus bersemi hingga kini. Ya, karena aku tidak ingin berjalan-jalan tanpa makna, di dunia ini.

Dari setiap jejak yang kita tinggalkan, semoga ada makna yang terdapat padanya. Karena dapat dipastikan bahwa jejak-jejak yang kita tinggalkan di sini, dapat hapus atau tersimpan dalam waktu yang lama. Ya, siapa yang dapat mengukirnya, kalau bukan kita?

Pada saat sedang berjalan-jalan di dunia maya, kita dapat berpindah lokasi dengan sekejap mata, cling! Tiba-tiba saja kita sudah berada di pulau Sumatera. Lalu, beberapa menit kemudian, kita sampai di pulau Jawa, lalu ke Australia, ke Singapura, China, dan sebagainya. Ai! Aku terkadang ingin berlama-lama di sini. Namun, kalau selamanya? Bagaimana bisa aku dapat melanjutkan langkah-langkahku di dunia yang sesungguhnya? Karena dunia maya ini, hanya ku jadikan sebagai salah satu sarana untuk berlibur saja. Hahaa…😀

 Aku yang memang sangat jarang liburan, maka mampir-mampir di sini, cukup menjadi jalan sampaikanku ke berbagai negeri yang ingin aku kunjungi. Dan aku ingin terus berjalan, hingga sampai ke negeri akhirat.

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s