Early morning
Image by 55Laney69 via Flickr

Dari sekian banyak bintang, seorang seniman tentu akan menemukan satu bintang inspirasinya,” begini lebih kurang inti dari kalimat yang Luhde sampaikan pada Keenan.

***

Saat menonton film yang diangkat dari novel Perahu Kertas karya Dewi Dee Lestari ini, aku teringatkan pada sebuah kata seniman. Seniman, siapakah ia yang sesungguhnya?

Seniman, bisa jadi kita. Bisa engkau, aku ataupun sesiapa saja yang berada di dunia ini. Dalam artian, seniman adalah seorang yang berhasil menemukan satu bintang inspirasinya. Lalu, siapakah bintang yang sesungguhnya.

Kita. Kita bisa saja menjadi seorang bintang apabila kita ternyata sukses menjadi jalan hadirnya inspirasi bagi orang lain.

Tentang seniman, bintang dan inspirasi, aku teringatkan dengan mentari. Mentari, yang hampir setiap hari dapat kita lihat pada langit timur apabila tidak sedang mendung dan atau hujan, tentunya. Dan bagiku, mentari adalah bintang yang paling terang. Mentari adalah bintang inspirasiku.

Walaupun bintang yang paling terang itu tidak bersinar pada malam hari, namun mentari sungguh sangat berperan pada siang hari. Yah, ia begitu giat berbagi, dan gemar memberi. Ia tersenyum dengan semburat kebahagiaan yang ia tebarkan melalui senyumannya.

Seorang yang beraktivitas pada siang hari dengan penuh semangat, itulah salah satu inspirasiku. Lalu, apakah seorang tersebut adalah engkau, wahai teman? May be yes, and so pasti yes! Karena engkau menjadi salah satu inspirasiku. Engkau bersinar di dalam hatiku, setiap kali aku mengingatmu. Dan tersenyumnya engkau saat ini, adalah senyumanku.

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s