arabic alphabet (أبجدية عربية‎, abjadiyyah 'ar...
arabic alphabet (أبجدية عربية‎, abjadiyyah ‘arabiyyah, arabic abjad) (Photo credit: oceandesetoiles)

“Don’t be afraid to be confused. Try to remain permanently confused. Anything is possible. Stay open, forever, so open it hurts, and then open up some more, until the day you die, world without end, amen.”

George Saunders

***

Kini, catatan kembali sampai pada abjad X. Abjad yang terdapat di antara dua puluh enam keseluruhannya ini, membuat saya bingung setiap kali berjumpa dengannya. Mengapa? Mengapa bingung?

“Ya, karena saya sedang menemukan cara, bagaimana dapat merangkai huruf dengan awal abjad ini,” jawab sekeping hati ini.

Kebingungan yang tidak terlalu pentingkah ini? Kebingungan yang membuat saya perlu berpikir panjang. Seraya menemukan kira-kira kata apa ya, yang berawal dengan abjad X ini..?

Pertanyaan serupa tentu akan berlanjut untuk beberapa masa yang akan datang. Ya, setiap kali saya sampai pada catatan dengan awal abjad X. Seperti pagi ini, ketika saya akan merangkai sebuah catatan. Dan setelah melihat pada arsip sebelumnya, saya baru sampai pada abjad W. Nah! Setelah W, tentu saja ada X, bukan? Nah lho.. hohoo.. so, friend, make me not confious dong, by your inspiration about this problem, one. Because, for me, this is biggest problem that wish to have solved. And I understood about this, since I made a decision to write with abjad-abjad yang tersusun sebanyak dua puluh enam. Dengan demikian, saya menjadi tidak akan pernah berhenti untuk merangkai kata. Karena, selagi ada abjad, maka abjad-abjad tersebut perlu saya susun. Apabila ternyata telah habis dan sampai pada abjad Z, maka saya pun memulainya dari awal lagi dengan abjad A. Haha,  :D good idea, bukan?  Ini untuk berlatih menulis terus-terusan.

Saya ingin terus merangkai kata, walau bagaimana pun alasannya. Karena saya ingin menemukan beraneka hikmah, pesan, kesan dalam perjalanan kehidupan ini. Lalu, menitipkannya pada salah satu lembaran maya. Dan bagaimana ujung dari hikmah pagi ini? Atas kebingungan yang saya alami. Atas belum ketemunya sebuah kata dengan awal huruf X. Oh, me!

Aku bingung sendiri. Bingung sungguh belum lagi dapat menemukan kata. Hingga akhirnya, jemari ini pun kembali melangkah di jendela google. Karena, persediaan stok kata berawalan X di dalam pikiran ini sungguh tidak ada sama sekali. Dan saya pun mulai merangkai kata, dengan awal abjad X. Lalu, apakah yang saya temukan?

Saya belum menemukan satu kata pun yang saya sukai untuk menjadi awal judul catatan. Sehingga akhirnya saya memutuskan untuk menulis X saja. Dan itu berarti, catatan dengan abjad X tetap ada. Untuk selanjutnya, catatan akan berawal dengan abjad Y.

Tentang abjad yang satu ini, I have an idea.Yes!” Ya, satu kata ini akan menjadi titlle of our next note, insyaAllah…

Setelah kebingungan engkau alami, maka engkau akan berkata, Yes! Apabila engkau senantiasa berpositif thinking saat bingung. Karena akhirnya engkau menemukan hikmah, apabila engkau mau mengambil pelajaran darinya. Yakinlah, pertolongan Allah sangat dekat, sungguh dekat. Maka, jaga selalu ‘husnuzan’ mu kepada-Nya, teman. Agar engkau dapat menemukan kecemerlangan pikiran dalam kebingungan. Lha, kok bisa? Ya, bisa dong ah. Apa sih yang tidak terjadi, kalau Allah Yang Berkehendak.

So, berdoalah, berusahalah, bertawakkallah, karena –Innallaaha ma’ana-. Yakinlah!

Oia, ada satu pesan yang sangat ingin saya titipkan di sini. Sebagai kenang-kenangan dari kebingungan.

“Bergeraklah, melangkahlah, teruslah berjalan dan bertanyalah, dan ber- ber- ber-, lainnya… Karena dengan demikian, engkau akan menemukan jawaban dari kebingunganmu.”

Saya menyadari bahwa saya pun pernah bingung, setelah saya menyadari bahwa ternyata bingung itu penting. Bingunglah, berbingung-bingunglah. Namun, jangan larut dalam kebingungan. Karena bingung itu membingungkan orang-orang yang pun terbingung-bingung dengan apa yang engkau bingungkan. Padahal, kebingungan itu hanyalah sebuah kata saja, teman. Kata yang terangkai dari beberapa abjad. So, merangkai kata ketika engkau sedang mengalami kebingungan adalah salah satu pilihan. Ya, sampaikanlah kebingunganmu. Kisahkanlah alasan mengapa engkau bingung. Dan berbagilah, mesti! Lalu, apakah yang engkau temukan setelah melakukannya, teman?

Atau, engkau belum pernah mengalami apa yang namanya bingung?

Atau engkau sering kali mengalami kebingungan? Let’s share it! Let’s learn about it. Let’s learn dilligently to solve it. Karena kebingungan terjadi karena kita tidak tahu.

Aku ga tau mau ngapain lagi nie, aku ga tau mau gimana lagi, aku binguuuuuunnnngggg,” terdengar suara dari seberang sana.

“Nah, bener bukan? Orang yang bingung karena ia tidak tahu.”

🙂🙂🙂

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

