Aku teringat dengan satu kata ini. Namun yang tepatnya fikiran atau pikiran ya?

***

Berprasangkalah baik kepada orang lain. Maka setelah itu dapat membuat kita tersenyum. Karena prasangka sangat erat kaitannya dengan cara kita berpikir. Apabila kita pikirkan yang baik dan baik maka kebaikan yang akan menyertai. Itu aku alami. Baru saja.

Di bawah sebuah umbrella, aku berdiri. Baru saja keluar dari gerbang, diri ini. Dan pada saat gerbang telah ku tutup kembali, lalu aku pun tersenyum. Entah beliau melihat aku tersenyum, atau hanya pikiranku saja yang tersenyum. Yang jelas, beliau tiba-tiba berhenti tepat di jalan depan ku sangat. Aku terdiam di tempat. Aku memandang wajah beliau. Aku pikir belum pernah melihat sosok yang sama. Seorang laki-laki dengan usia sekitar tiga puluhan tahun. Beliau menyapaku. Beliau sedang berada di atas sepeda motor.

“Mau ke mana, Teh?,” tanya beliau setelah menghentikan motor. Beliau sedikit menepi. Aku masih berdiri di tempat semula. Aku pikir beliau mau tanya arah. Seperti yang biasanya aku alami. Namun ternyata enggak. Karena beliau langsung capcus ke arah yang sama. Setelah aku menjawab, “Mau ke bawah,” seraya menunjuk ke bagian kanan. Ke arah beliau tadi berasal.

Aku panggil Bapak-Bapak aja, yaa. Nah! Itu Bapak-Bapak kemudian berlalu begitu saja. Seakan tak terjadi apa-apa. Padahal, aku bertanya-tanya setelah beliau tinggalkan ku. Oh… Ini dunia sore hari. Aku punya cerita. 😀

***

Ada pesan yang dapat ku petik dari pengalaman tadi. Bahwa, apapun yang sedang kita hadapi, tenangkan diri terlebih dahulu. Segera putar arah pikiran, apabila ia ingin mikir aneh-aneh.

Untung ya, tadi aku langsung berpositif ria. Namun begitu, tetap saja saat ini menyisakan sekelumit ingatan di pikirku. So, ku titip ia di sini, sebagiannya. Agar tidak ke bawa-bawa hingga nanti. Sedangkan Bapak-Bapak yang tadi menyapa, entah apa yang sedang beliau pikirkan, ya?

Ini pengalaman pertama ku ada yang menyapa ketika aku sedang melanjutkan perjalanan. Aku pikir ini tak masuk akal sama sekali. Aku pikir ini sebuah sandiwara saja. Siapakah beliau? Bapak-Bapak?

Terus aku memikir. Aku perlu terus berzikir. Semoga kejadian yang sama tidak lagi terukir di dalam catatan kehidupan ku. Karena aku ingin ia menjadi yang pertama dan terakhir.

Selama jalan masih membentang, aku yakin akan ada hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun aku mengalami. Dan justru karena itu, aku perlu terus berpikir yang baik-baik dan baik ajah. Agar, kebaikan menyertai ku dalam meneruskan langkah-langkah selama perjalanan masih berlangsung. Aamiin.

Bibir boleh berucap, namun kita tidak pernah tahu apa yang sedang kita pikir kalau kita tidak segera menyadari.
Bibir pun boleh mengatup dengan rapat, namun kita perlu terus menata pikir. Agar ketika kesempatannya untuk bicara telah hadir, kita hanya mengucapkan yang baik-baik saja. Karena kita tidak pernah tahu, apakah satu kata terakhir yang kita alirkan merupakan yang terbaik? Semoga. So, menata pikir dapat menjadikan kita menanya bibir sebelum ia mengalirkan butir-butir kata yang mengalir melalui suara.

🙂🙂🙂 PRASASTI KITA 🙂🙂🙂

Engkau yang awalnya satu, kini tak lagi begitu.
Ada yang senantiasa bersamamu dalam melangkah.
Buka mata, lalu melihatlah.
Optimalkan fungsi telinga, lalu mendengarlah.
Raba hati, lalu rasakanlah apa yang sesama rasakan.
Indera penciuman, ada pada hidungmu.
Pedulilah pada lingkungan.
Ada kulit yang membentang luas pada dirimu, itulah alam.
Renungkanlah…”

KITA TETAP SAHABATAN YAH..,
YM :: maryas_y
PADA SUATU HARI CATATAN-CATATAN INI MENJADI PENGINGAT, BAHWA KITA PERNAH BERAKTIVITAS BERSAMA DI DUNIA

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

