Sibuklah wahai 1kepinghati

Suara hati untuk 1kepinghati…

Wahai 1kepinghati…..

Sibuklah engkau dengan segala aktivitasmu yang harus engkau kerjakan, untuk memenuhi setiap kebutuhanmu di dunia ini.  Hingga untuk memenuhi kebutuhan akan akhiratmu pun engkau harus lebih sibuk lagi.  Penuhilah hari-harimu dengan kesibukan-kesibukan,  baik kesibukan jasmani atau kesibukan rohani.  Dan itu sangat penting bagimu. Namun  ingatlah satu hal, janganlah pernah engkau sibuk dengan dirimu sendiri,  untuk mementingkan kebutuhanmu saja, tapi sibuklah engkau ntuk bersama-sama dengan orang lain (empati dan peduli).  Sibuk memenuhi kebutuhan mereka, sibuk untuk melayani mereka, dan sibuk untuk membahagiakan mereka.  Hingga engkau benar-benar merasakan betapa indahnya hidup ini, dalam ukhuwah yang muncul dari hatimu.  Dan semua itu bisa dirasakan dengan sepenuh hati, engkau akan menikmatinya.  Hari-hari yang engkau lewati akan menjadi semakin berarti dan mengandung hikmah.  Waktu yang engkau jalani juga akan selalu bermakna.

Jadilah engkau sebagai seorang yang selalu membawa manfaat kepada sesamamu.  Lakukanlah hal-hal yang bisa engkau perbuat dengan sepenuh hati bersama 1kepinghatimu.  Setelah itu, engkau akan merasakan ketenangan dan kedamaian.  Lalu engkau akan rasakan kesejukan dan ketentraman.  Lalu engkau akan selalu menikmati keindahan itu.

Wahai 1kepinghati…..

Walau engkau lelah dan letih karena kesibukan-kesibukanmu itu, namun ingatlah selalu itu akan tetap bermakna.  Kalau engkau melakukannya benar-benar dengan 1kepinghatimu, engkau akan selalu merasakan indahnya ketulusan, bahagianya merasakan akibat dari sebuah keikhlasan.

Wahai 1kepinghati…..

Ingatlah engkau, usiamu tidak akan selamanya.  Akan hadir suatu hari nanti yang akan membuat engkau tidak akan berdaya apa-apa saat berhadapan dengannya.  Hari yang engkau tidak sangka-sangka, dan hari itu akan datang tiba-tiba untuk menjemputmu, dan menemani hari-harimu selanjutnya.  Lalu, sudah siapkah engkau dengan kedatangannya itu, wahai 1kepinghati?

Sehingga engkau masih menyia-nyiakan detik ini, mengapa?  Bukanlah kuantitas dari suatu pekerjaan yang akan dinilai olehNya.  Tapi kualitas dari pekerjaanmu itu, yang hanya akan dipertimbangkan di hadapanNya.  Maka, berbuatlah dengan 1kepinghatimu, hanya karena Allah semata.  Agar engkau selalu tentram dengan hasil yang akan engkau peroleh nanti.  Bukan untuk mengharapkan pandangan dan penilaian makhluk, yang tidak akan berarti apa-apa dibandingkan dengan ganjaran yang akan dipersembahkan olehNya padamu suatu hari nanti.

Wahai 1kepinghati…..

Sabar dan khusyuklah engkau dalam menghadapi setiap tanggapan makhluk terhadap apa yang sedang engkau kerjakan.  Selalulah dalam itikad yang telah engkau azamkan dari dalam hatimu.  Karena pasti! Ujian itu akan engkau terima dan akan engkau alami dalam setiap kesibukan yang engkau kerjakan.  Ingatlah engkau bahwa semua makhluk adalah sama di hadapanNya.  Dan yang membedakannya adalah tingkat ketaqwaannya.

Mudah-mudahan lirik nasyidh D-Masif dengan “Jangan Menyerah”-nya ini bisa memberikan tambahan semangat untukmu, saat engkau menjalani kesibukan-kesibukanmu.  Agar harapanmu kembali muncul saat putus asa menghantui 1kepinghatimu.  Agar tekadmu kembali bulat saat ia mulai memudar, agar engkau selalu sibuk bersama orang lain, tidak hanya menyibukkan diri dengan kepentinganmu  sendiri.

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Back to Reff 1

Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal putus asa

Dan semoga engkau bisa tersenyum sejenak setelah engkau merasakan kejenuhan, dan engkau kembali mengucapkan syukur padaNya, yang telah menganugerahkan 1kepinghati untukmu, yaitu 1kepinghati yang akan selalu menemanimu, menaungimu dalam setiap aktivitasmu.

Wahai 1kepinghati…..

Yakinlah, bermanfaat dan berguna bagi orang lagi bersama kebaikan-kebaikanmu, itu yang akan menenangkanmu.  Dan ingatlah engkau akan pesan sahabat, Ibnu Umar berikut ini:

Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan

jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati .

(HR. Bukhori)

0 thoughts on “Sibuklah wahai 1kepinghati

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s