Bahagia itu milik hati

Bahagia itu milik hati.  Tak ada yang bisa menghalangi seorang untuk bahagia apabila hatinya berkata bahagialah.  Dan tidak ada seorangpun yang bisa melarang seseorang untuk bersedih bila hatinya mengizinkan untuk bersedih.  Karena hati adalah raja bagi seseorang.  So, bagaimana mengendalikan hati? tergantung pada masing-masing kita, karena hati adalah milik kita yang telah diwasiatkan sepenuhnya pada diri kita untuk kita kendalikan.  Karena hati itu lembut, halus dan mudah tersentuh, maka jagalah dia agar tidak terlukai.  Karena hati itu bisa menjadi keras, kasar dan tahan banting, maka peliharalah dia, poleslah hati dengan obat yang bisa membuat kekasarannya itu bisa berguna.  Jangan biarkan hati tetap dalam kekuasaannya sendiri, karena hati itu akan sewenang-wenang.  Dia akan membawa diri kita kepada apa yang dia mau.

Saat hati penuh kedamaian, dialah teman yang paling menyejukkan. Tetap jaga dia akan selalu setia menemani kita.

Saat hati penuh kedongkolan, segeralah sapa dia, tanya kenapa dia bisa seperti itu? ada apa yang salah dengan diri ini, sehingga membuat hati berubah menjadi seperti itu.

Saat hati dalam suasana tidak bahagia, segera hibur dia, karena hati itu tidak boleh bersedih, dia harus selalu tenang.

Saat hati berbahagia, segera sapa dia, ingat kan dia akan kebahagiaan yang sedang dinikmatinya.  Jangan sampai dia lalai dan lengah dengan bahagia itu.  Karena hati itu mudah tergoda.

🙂

0 thoughts on “Bahagia itu milik hati

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s