Effusive

Effusive menurut kamus online artinya adalah (perasaan gembira) tercurah,berlimpah2.

🙂

Lha…

Lalu apa hubungannya dengan judul postingan ini ya?

Berikut reportase,

🙂

Hari pertama di tahun ke-4

Allah Maha Tahu Yang Terbaik untuk hamba-hambaNya yang sangat Dia sayangi.  Begitulah yang aku sangat yakini atas kejadian tadi malam.

Sore hari, 16 Juli 2009 aku telah merencanakan untuk berangkat ke rumah salah seorang Dosenku Tercinta, untuk  penandatanganan berkas-berkas demi kelengkapan dokumen tugas, yang lokasi rumah beliau tidak terlalu jauh dari tempatku. Tapi, aku sebagai insan ciptaanNya, hanya dapat berencana dan berharap bisa menjalankannya dengan baik. Namun, keputusan terakhir atas rencana itu selalu ada padaNya, Sang Pemilik semuanya.

Tujuan awal menuju rumah Sang Dosen, belum terlaksana dengan baik, karena azan maghrib telah berkumandang dan aku bersinggah sejenak untuk bertemu denganNya, menyapa dan beristirahat di rumahNya yang penuh berkah.  Di lokasi tersebut, yang ditempat itu dan waktu itu Dia mempertemukan aku dengan seorang sahabatku, yang sudah lama aku tidak berjumpa dengan beliau, sejak perpisahan  waktu itu. Seorang Ukhty Solehah. Subhanallah….. Alhamdulillah, indah rencana yang telah Dia susun untuk aku jalani, pasti akan selalu Dia sampaikan kepadaku untuk aku tempuhi.  Pertemuan yang tidak aku duga sebelumnya.  Haru, senang, bahagia, nyampur aduk.  Saat aku melihat Sang Ukhty, beliau juga sedang menatapku, dengan terkagum-kagum penuh ketidakpercayaan.  Sampai dikejap-kejapin tuch mata beliau 😉 . Aku juga, so surprise. Then, kita saling tersenyum penuh kehangatan, bersalaman erat, berucap Assalamu’alaikum,  Ya….. Ukhty, dan saling berpelukan (rindu….. rindu…..).  Setelah lama tak berjumpa, lalu kita dipertemukan kembali dalam waktu yang tidak kita sangka-sangka dan tidak kita rencanakan sebelumnya untuk bertemu.  Siapa yang tidak akan merasakan keharuan? Wallahu a’lam bish showab.  Lalu kita saling bertanya kabar, dan sedikit bertukar informasi.  Lalu Sang Ukhty izin berangkat duluan karena udah malam. Sedangkan aku melanjutkan bercakap-cakap denganNya ditemani linangan bening yang selalu setia bersamaku.

Sebelum beranjak pulang, aku juga di pertemukan dengan seorang Bunda berusia sekitar 59 tahunan, yang saat itu juga ikut berjamaah Maghrib dan Isya.  Beliau mengingatkan aku pada Ibunda…..  makin terharu lagi, saat beliau bertanya, dari mana Neng? Dari Pahlawan Bu, mau ke rumah Dosen, trus azan, jadinya mampir dulu dech.  Baguslah, kata beliau. Lalu kita berpisah.

Saat aku tersadar, malam telah larut.  Hasrat hati ingin kembali melanjutkan perjalanan ke rumah Sang Dosen, tapi kok nggak nyampe-nyampe ya….  sepertinya nyasar ni.   Akhirnya aku berbalik arah untuk melanjutkan perjalanan, kembali pulang.

Alhamdulillah…..

Pasti Engkau telah memiliki maksud di balik semua kejadian ini, yang aku tidak tahu.  Tapi aku yakin, ini lah yang terbaik.

Ya Robb…..

Selalu Engkau tinggalkan kesan dalam setiap detik waktu yang aku jalani.

*===== *  *====== *

🙂

0 thoughts on “Effusive

  1. smua pasti da hikmahnya mbak, betull banget.. aku jg pernah mengalami kejadian2 y aku pikir nyebelin awalnya ternyata itu mrpkn hal terbaik untuk aku. Subhanallah, sungguh Allah lbh th dibandingkan hambaNYa

    Like

    • Ya, 😉
      Yu.. semangat!
      Walau apapun yang terjadi, semua akan berlalu dengan hikmah-hikmah-nya

      Like

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s