P-Rt juga Manusia

Pembantu adalah seorang yang berada dilingkungan rumah tangga kita menjadi seorang yang sangat berjasa membantu tugas-tugas yang seharusnya dilakukan oleh Nyonya rumah.  Pembantu juga manusia yang memiliki perasaan, hak dan kewajiban dalam hidupnya.  Sehingga mereka juga memiliki tanggungjawab moral terhadap kehidupannya.  Pembantu juga mempunyai hak untuk dihargai dan diperlakukan sebaik-baiknya dalam hidupnya.  Tak ada yang membedakan seorang pembantu dengan Nyonya rumah selain derajat dan ketakwaannya.  Namun, hal itu tidak menjadikan seorang pembantu lebih hina dan atau sang Nyonya menjadi lebih mulia.  Kita semua sama dimataNya.   Pergaulan seorang pembantu dengan Nyonya rumah dengan sebaik-baiknya akan menjadikan pembantu menjadi betah tinggal dan bekerja di rumah sang Nyonya.  Pembantu akan dengan senang hati menjalankan tanggungjawabnya, mengabdi sepenuh hati dan cinta.  Perlakuan terhadap pembantu dengan menganggap mereka bagian dari keluarga sendiri, akan menjadikan hati sang Nyonya tenang dan terjalin kerjasama yang baik dengan pembantu dalam mengurus tugas-tugasnya.

Tidak semua tugas rumah tangga yang harus dilakukan oleh pembantu.  Namun, sesuai dengan namanya (pembantu;seorang yang membantu).   Jadi hanya membantu tugas yang tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh sang Nyonya.  Selain itu, adalah tugas sang Nyonya (seperti menyiapkan kebutuhan makanan suami, dan lain-lain).

Hargai orang lain seperti Anda ingin dihargai, perlakukan orang lain seperti halnya Anda ingin diperlakukan.

Tunjukkan bagaimana akhlak seorang Nyonya yang terbaik dalam keseharian, agar bisa dicontoh oleh pembantu.

Ini penting, karena apa yang sedang dan akan kita perbuat terhadap orang lain, akibatnya akan kembali kepada kita.  Apabila kesewenang-wenangan yang kita lakukan kepada oranglain, akan membuat oranglain tidak tenang berada bersama kita dan tentu saja ini tidak baik.

(Mamah & Aa’)

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ”... (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S Ar-Ra’d [13] : 28)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s